apa itu ubuntu

Diposting pada

Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu
Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa Itu Ubuntu

Membuat Dengan Ubuntu

Pertama kali dirilis pada 2004, Ubuntu adalah sistem operasi dan distribusi Linux berbasis Debian yang bebas dan open source. Ubuntu dibangun dengan menggunakan infrastruktur Debian dan terdiri dari server yang, desktop, dan sistem operasi Linux.

Sejak dirilis, Ubuntu menjadi favorit banyak orang karena sistem operasi ini mudah untuk menginstal dan menggunakan. Lingkungan desktop (desktop environment) default untuk Ubuntu dikenal sebagai Unity, lingkungan desktop yang memiliki alat pencarian yang kuat untuk menemukan semua aplikasi dan dokumen. Lingkungan desktop juga terintegrasi dengan aplikasi lain seperti audio player, video player, dan media sosial.

Selain Unity, Anda juga dapat menggunakan lingkungan atau lingkungan lain seperti GNOME, Xfce, MATE, KDE dan LXDE. Tidak hanya itu, ada beberapa versi tertentu dari Ubuntu, yang dirancang untuk bersama-sama bekerja dengan lingkungan-lingkungan seperti Lubuntu, Xubuntu, Ubuntu GNOME, Ubuntu MATE, dan Kubuntu.

Lihat juga:

mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa baik sebagai sistem operasi Ubuntu dapat digunakan secara gratis? Ubuntu dikelola dan dibiayai oleh sebuah perusahaan bernama Canonical. Perusahaan ini dibangun pada tahun 2004 oleh seorang pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Canonical sendiri mendapatkan uang dari dukungan komersial yang mereka tawarkan kepada perusahaan yang menggunakan Ubuntu. Pendapatan dari dukungan komersial kemudian digunakan untuk terus mengembangkan Ubuntu. Canonical juga bertanggung jawab untuk rilis versi terbaru dari Ubuntu setiap enam bulan, mengurus keamanan, serta server host untuk komunitas online Ubuntu.

Sejak Ubuntu adalah sebuah open-source, Canonical mendapat dukungan dari para pengguna Ubuntu dalam mengembangkan Ubuntu. Banyak orang di internet yang tidak pelit untuk berbagi pengetahuan tentang Ubuntu, mulai dari menjawab pertanyaan pengguna Ubuntu (pada website seperti Ask Ubuntu), dokumentasi write user (dokumentasi pengguna), memberikan umpan balik, untuk menguji bug dalam perangkat lunak. Jadi, jika Anda tertarik dalam membantu, Anda juga bisa!

Mengapa menggunakan Ubuntu?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan Ubuntu sebagai sistem operasi Anda.

Gratis dan open-source

salah satu alasan mengapa Ubuntu sangat populer karena gratis dan open-source. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk download, menginstal, dan menggunakan Ubuntu. Anda harus men-download dari situs resmi Canonical. Selain itu perangkat lunak yang tersedia secara gratis juga. Tidak hanya gratis, open-source Ubuntu juga. Anda dapat menemukan banyak kode sumber di luar sana untuk Ubuntu. Ini juga berarti bahwa setiap orang dapat melakukan perubahan yang lebih baik untuk perangkat lunak.

Mudah digunakan

pengguna komputer kebanyak mengatakan bahwa itu adalah agak sulit untuk menggunakan dan cocok untuk digunakan oleh pengembang. Tapi Ubuntu Linux, sistem berbasis Linux yang mudah digunakan dan user-friendly. Siapapun dapat menggunakan Ubuntu dan semua orang dengan kemampuan komputer dapat melakukan pengaturan sistem. Ubuntu Canonical terus berkembang untuk memberikan user interface yang mudah dinavigasi dan meningkatkan pengalaman pengguna. Bahkan, beberapa mengatakan bahwa Ubuntu lebih mudah digunakan jika dibandingkan dengan Windows.

Aman untuk digunakan

Memang, kita tidak bisa mengatakan bahwa tidak ada sistem operasi di luar sana yang 100% bebas dari virus, Tapi Ubuntu ini bisa dibilang sebagai salah satu sistem operasi yang aman. Dengan built-in firewall dan perlindungan virus yang kuat, Anda bahkan tidak perlu menginstal perangkat lunak antivirus.

Dukungan Kuat

Di luar sana banyak komunitas pendukung yang dapat Anda gunakan jika Anda memiliki pertanyaan tentang Ubuntu. Untuk mendapatkan dukungan gratis, Anda dapat mengunjungi Sebagai Ubuntu, LinuxQuestions dan situs resmi Linux.

Mudah disesuaikan

Ubuntu sangat disesuaikan. Ada banyak lingkungan desktop alternatif yang dapat Anda gunakan. Anda bahkan dapat mengatur untuk memiliki tampilan Ubuntu Anda seperti Windows atau sistem operasi lain yang Anda inginkan.

Anda dapat melakukan banyak hal dengan Ubuntu

Dengan sistem operasi ini, Anda dapat melakukan banyak hal mulai dari dokumen mengedit, bekerja dengan fotodan video, dan banyak lagi.

Berbagai Jenis Ubuntu

Di Linux, varian dari lingkungan desktop juga disebut rasa. Ubuntu Rasa berbeda environtment dari default desktop Ubuntu, apakah itu didasarkan pada lingkungan tertentu desktop penggunaan, atau tema tertentu. Berikut adalah beberapa jenis Ubuntu yang banyak dibahas.

Ubuntu GNOME

Ini adalah versi default Ubuntu sejak 2017. varian Ubuntu yang memiliki antarmuka mirip dengan Mac OS X. Hal ini versi Ubuntu yang banyak digunakan dan Anda dapat menemukan banyak dukungan serta video dan artikel yang membahas versi ini di Internet. Tapi, jika Anda ingin menggunakan GNOME, catatan bahwa Anda akan memerlukan perangkat keras yang sangat baik untuk fungsi. Jika sistem Anda memiliki 4GB RAM di bawah ini, Anda tidak disarankan untuk menggunakan GNOME.

Kubuntu

Kubuntu adalah versi KDE dari Ubuntu. lingkungan desktop KDE Plasma dikenal sebagai pilihan konfigurasi yang mudah. Anda dapat menggunakan Ubuntu dengan tampilan modern melalui versi ini. Ada banyak perubahan yang dapat Anda lakukan dengan versi ini jadi jika Anda ingin menyesuaikan desktop Anda, coba gunakan Kubuntu. Selain itu, selama Anda memiliki sistem RAM 2GB luar, Anda dapat menggunakan Kubuntu tanpa gangguan.

Xubuntu

Xubuntu menggunakan lingkungan desktop Xfce. Ini adalah salah satu lingkungan desktop tertua dan memberi Anda pilihan kustomisasi cukup mendasar. Mungkin terlihat tidak semenarik Ubuntu Unity, tapi itu tidak berarti itu terlihat sangat jelek. Jika sistem anda memiliki 1GB RAM, Anda dapat menggunakan Xubuntu.

Lubuntu

Seperti Xubuntu, Lubuntu juga dibuat khusus untuk sistem yang lebih kecil. Versi ini menggunakan LXDE ringan. Lubuntu juga memiliki tampilan yang mirip dengan Windows XP. Lubuntu juga pilihan yang paling ringan, bahkan jika Anda memiliki sistem dengan RAM di bawah 1GB, Anda dapat menggunakan Lubuntu.

Ubuntu Unity

Sampai 2016, Ubuntu Unity merupakan default antarmuka Ubuntu sebelum digantikan oleh GNOME. Ubuntu Unity sendiri sudah memiliki tampilan sedap dipandang sehingga Anda tidak perlu repot-repot konfigurasi.

Ubuntu MATE

Ubuntu lingkungan MATE MATE desktop yang menggunakan bercabang dari GNOME 2. Versi yang satu ini memiliki tampilan yang lebih tradisional daripada versi lainnya.

Ubuntu Budgie

ini adalah varian terbaru dari Ubuntu. Seperti namanya, varian ini menggunakan untuk desktop Budgie. Environmentnya dikembangkan oleh Solus Linux dan memiliki tampilan modern dan elegan.Varian merupakan pilihan banyak pengguna Ubuntu. Budgie memberikan notifikasi seperti MacOS dan peluncur GNOME sisi. Di UI, Budgie dibilang sangat memuaskan.

Ubuntu Kylin

Flavor dari Ubuntu ditujukan untuk pengguna di Cina. Dalam varian ini, Anda dapat menggunakan beberapa Cina dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna di Cina.

Edubuntu

Edubuntu adalah akronim untuk Pendidikan + Ubuntu. Pada dasarnya, ini adalah GNOME yang dibuat khusus untuk sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan. Anda akan segera mendapatkan aplikasi dan game yang cocok untuk siswa Anda.

Ubuntu Studio

Ubuntu Studio menggunakan lingkungan desktop Xfce tetapi Anda akan langsung mendapatkan alat video audio sudah terpasang. Varian ini diperuntukkan bagi mereka yang perlu menggunakan fitur audio, video, dan grafis.

Mythbuntu

Mythbuntu minimal instalasi Ubuntu yang ditujukan khusus untuk MythTV. MythTV adalah perangkat lunak open source untuk multimedia dan PC home theater.

Apa yang telah tertarik untuk mencoba Ubuntu?

Unduh Ubuntu

Jika Anda sedang tertarik menggunakan Ubuntu, Anda bisa berada di website resminya. Berdasarkan data dari website resmi, versi terbaru dari Ubuntu versi 18:04 dan Anda akan menemukan dukungan untuk versi ini sampai April 2023. Sangat cocok bagi Anda yang tidak suka rumit meng-upgrade perangkat lunak Anda.

Lihat juga:

Kesimpulan

Pada artikel ini, kita telah membahas beberapa hal tentang Ubuntu. Sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di dunia, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggunakannya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang Ubuntu, ditunggu artikel kami berikutnya pada ya! Semoga artikel ini membantu!

Tetap Produktif meskipun #DiRumahAja

Berlangganan Berita Dewaweb

nama

Email

PT DewawebAKR Tower – 16 FloorJl. Panjang tidak ada. 5, Kebon JerukJakarta 11530

Email: Telepon: Ponsel:

Berkenalan Dengan Ubuntu | Blog Dewaweb
Berkenalan Dengan Ubuntu | Blog Dewaweb

DistroWatch.com: Ubuntu
DistroWatch.com: Ubuntu

Apa Itu Ubuntu One? - YouTube
Apa Itu Ubuntu One? – YouTube

9 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Pengguna Baru Linux - Pintar ...
9 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Pengguna Baru Linux – Pintar …

Memberi Manfaat orang lain: Apa itu Ubuntu
Memberi Manfaat orang lain: Apa itu Ubuntu

Apa itu Ubuntu 10.04 Long Term Service | MestiTech
Apa itu Ubuntu 10.04 Long Term Service | MestiTech

apa itu PWD di gnu/linux ubuntu ? - YouTube
apa itu PWD di gnu/linux ubuntu ? – YouTube

Apa itu Ubuntu ?
Apa itu Ubuntu ?

Memilih Distro Linux untuk Pemula | Jurnal Navl!
Memilih Distro Linux untuk Pemula | Jurnal Navl!

Linux ISO
Linux ISO

Pengertian Ubuntu | Spaceku.com
Pengertian Ubuntu | Spaceku.com

10 Distro OS Linux Terbaik Yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda
10 Distro OS Linux Terbaik Yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Ubuntu 19.04 'Disco Dingo' Released with New Features - OMG! Ubuntu!
Ubuntu 19.04 ‘Disco Dingo’ Released with New Features – OMG! Ubuntu!

apa itu linux ubuntu? - YouTube
apa itu linux ubuntu? – YouTube

First Ever Release of Ubuntu Cinnamon Distribution is Here!
First Ever Release of Ubuntu Cinnamon Distribution is Here!

What's the Difference Between Main, Restricted, Universe, and ...
What’s the Difference Between Main, Restricted, Universe, and …

Ubuntu - Command Line - Tutorialspoint
Ubuntu – Command Line – Tutorialspoint

Installing snap on Ubuntu | Snapcraft documentation
Installing snap on Ubuntu | Snapcraft documentation

Apa itu Repository di Sistem Linux? - Penjelasan dariHerza.ID
Apa itu Repository di Sistem Linux? – Penjelasan dariHerza.ID

Materi pengenalan Ubuntu
Materi pengenalan Ubuntu

How to install Pantheon desktop on Ubuntu 18.04 Linux Desktop ...
How to install Pantheon desktop on Ubuntu 18.04 Linux Desktop …

Ubuntu Netbook Remix | Secarik Kehidupan
Ubuntu Netbook Remix | Secarik Kehidupan

How to Create a Live Ubuntu USB Drive With Persistent Storage
How to Create a Live Ubuntu USB Drive With Persistent Storage

Apa sih Ubuntu itu? Bagaimana Sejarahnya Serta Apa Kelebihan dan ...
Apa sih Ubuntu itu? Bagaimana Sejarahnya Serta Apa Kelebihan dan …

Cara Install dan Konfigurasi Samba di Ubuntu 12.04 Server - Apa ...
Cara Install dan Konfigurasi Samba di Ubuntu 12.04 Server – Apa …

Apa itu Ubuntu Server Archives - Linux BlackOps
Apa itu Ubuntu Server Archives – Linux BlackOps

How To Install The Ubuntu 18.04.4 LTS Hardware Enablement Stack ...
How To Install The Ubuntu 18.04.4 LTS Hardware Enablement Stack …

apa itu LS di gnu/linux ubuntu ? - YouTube
apa itu LS di gnu/linux ubuntu ? – YouTube

Ubuntu Budgie
Ubuntu Budgie

Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop ...
Panduan Lengkap: Cara Instal Linux Ubuntu 18.04 LTS Desktop …

Pengertian Ubuntu dan Fungsinya ~ ScripCoding
Pengertian Ubuntu dan Fungsinya ~ ScripCoding

Apa itu Ubuntu Software Center? - Maswibowo
Apa itu Ubuntu Software Center? – Maswibowo

About | Ubuntu MATE
About | Ubuntu MATE

How to Boot to Recovery Mode (Safe Mode) in Ubuntu - Make Tech Easier
How to Boot to Recovery Mode (Safe Mode) in Ubuntu – Make Tech Easier

APT di terminal Ubuntu | Jogloabang
APT di terminal Ubuntu | Jogloabang

Privilege Escalation in Ubuntu Linux (dirty_sock exploit ...
Privilege Escalation in Ubuntu Linux (dirty_sock exploit …

An Exciting New Version Of Ubuntu 20.04 Offers The Deepin Desktop ...
An Exciting New Version Of Ubuntu 20.04 Offers The Deepin Desktop …

How to Install Ubuntu 18.04 along with Windows 10
How to Install Ubuntu 18.04 along with Windows 10

Linux ISO
Linux ISO

Urutan Instalasi Ubuntu OS Desktop di PC / Laptop
Urutan Instalasi Ubuntu OS Desktop di PC / Laptop

Linux Mint - Wikipedia
Linux Mint – Wikipedia

Cara install NextCloud 15 di Ubuntu - Hostnic.id
Cara install NextCloud 15 di Ubuntu – Hostnic.id

Ubuntu for the Internet of Things | Ubuntu
Ubuntu for the Internet of Things | Ubuntu

Apa itu Ubuntu Server Archives - Linux BlackOps
Apa itu Ubuntu Server Archives – Linux BlackOps

Review Ubuntu 17.10
Review Ubuntu 17.10

Get Docker | Docker Documentation
Get Docker | Docker Documentation

Perbedaan Ubuntu LTS dan Non LTS yang Linuxer Wajib Ketahui ...
Perbedaan Ubuntu LTS dan Non LTS yang Linuxer Wajib Ketahui …

WSL | Ubuntu
WSL | Ubuntu

Try Ubuntu before you install it | Ubuntu
Try Ubuntu before you install it | Ubuntu

Cara Install Apache di Ubuntu (VPS) - VPS Murah DomaiNesia
Cara Install Apache di Ubuntu (VPS) – VPS Murah DomaiNesia

Sistem 10.10: Tinjauan Pengedaran Ubuntu
Sistem 10.10: Tinjauan Pengedaran Ubuntu

WSL | Ubuntu
WSL | Ubuntu

Install Liquorix in Debian-based Linux : 5 Steps - Instructables
Install Liquorix in Debian-based Linux : 5 Steps – Instructables

Tutorial Install Zabbix Agent di Linux Centos atau Ubuntu - Beril.id
Tutorial Install Zabbix Agent di Linux Centos atau Ubuntu – Beril.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *