contoh dns server

Diposting pada

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Domain Name Server (DNS) - Culun Blog
Pengertian, Fungsi Dan Contoh Domain Name Server (DNS) – Culun Blog

Share

Balas

»Apa itu DNS? Definisi, Fungsi, Cara Kerja, dan pengaturan modus

Apa itu DNS? Definisi, Fungsi, Cara Kerja, dan modus pengaturan

5 Juli 2019

6 menit membaca

Apa DNS server? Singkatnya, DNS adalah sebuah sistem yang mengubah URL situs web ke dalam bentuk IP Address. Tanpa DNS, Anda harus mengetikkan alamat IP penuh ketika mereka ingin mengunjungi sebuah website.

Jika Anda ingin tahu tentang deskripsi lengkap, jangan pindah dari artikel ini ya. Karena di sini, kami akan menjelaskan pemahaman lengkap tentang DNS dan fungsi, bagian dari DNS, cara kerja DNS, dan bagaimana melakukan DNS pengaturan domain.

Isi

Apa itu DNS?

Domain Name Server, atau DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address).

Biasanya, untuk mengakses Internet, Anda harus mengetikkan website IP Address. Metode ini cukup merepotkan. Karena, ini berarti Anda harus memiliki daftar lengkap alamat IP dari website yang dikunjungi dan memasukkannya secara manual.

Lihat juga:

DNS adalah sebuah sistem yang merangkum pekerjaan ini untuk Anda. Sekarang, Anda hanya ingat nama domain dan memasukkannya ke dalam address bar. DNS kemudian menerjemahkan domain ke alamat IP komputer untuk memahami.

katakanlah Mari yang ingin Anda akses Google. Alih-alih menulis 172.217.0.142 ke address bar, Anda cukup memasukkan alamat.

fungsi DNS

Dari keterangan apa DNS, Anda akan dapat mengetahui bagaimana sebenarnya fungsi kontrol. Namun, untuk membuatnya lebih jelas, di sini kita telah digariskan tiga fungsi DNS:

Itu fungsi DNS ketiga yang bekerja secara otomatis saat Anda mengakses internet.

Sekarang, sebelum masuk ke penjelasan cara kerja DNS, Anda akan bertanya mengapa harus menggunakan DNS?

DNS Kelebihan

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan DNS dalam surfing kegiatan:

Setelah mengetahui manfaat, mari kita belajar lebih banyak tentang bagian dari DNS.

bagian DNS

prinsip dasar tentang bagaimana DNS adalah dengan mencocokkan nama-nama komponen URL dengan komponen IP Address. Setiap URL dan IP Address memiliki bagian-bagian yang saling menjelaskan satu sama lain.

Jika Anda sulit membayangkan teknis, hanya menganggapnya sebagai kegiatan di perpustakaan mencari buku. Ketika Anda mencari buku di perpustakaan, Anda biasanya akan diberi kode yang menggambarkan tata letak buku.

Buku-buku perpustakaan bernama Dewey Decimal System (DDS). Biasanya terdiri dari topik kode buku, kode nama belakang penulis, dan kode dalam buku ini diterbitkan.

Kira-kira prinsip yang sama diterapkan dalam DNS. Untuk memahami hal ini lebih dalam, Anda perlu mengetahui bagian-bagian dari URL tersebut diatur dalam hirarki DNS. Sama seperti buku kode perpustakaan, setiap bagian yang menjelaskan bagian.

Salah satu perbedaan yang jelas adalah bahwa kode perpustakaan dari depan. Di sisi lain, kode saat ini pada DNS diurutkan dari belakang. Oleh karena itu, kami akan melacak bagian DNS dari belakang. Berikut penjelasan lengkap:

gTLD biasanya menjelaskan sifat dari institusi webmaster. Katakanlah, website untuk tujuan komersial biasanya memiliki ekstensi .COM. Kemudian, EDU untuk lembaga pendidikan dan .GOV untuk instansi pemerintah.

Di sisi lain, CCLTD perpanjangan untuk menjelaskan negara asal pemilik situs. Sebagai contoh, ID akhiran untuk website Indonesia, .au untuk Australia, .UK untuk Inggris, dan sebagainya.

Juga Baca:

Bagaimana DNS Bekerja

DNS bekerja secara bertahap. Mulai proses meminta informasi atau query DNS. Kemudian dilanjutkan dengan tahapan lain seperti rekursi DNS, nameserver root, TLD nameserver, untuk nameserver berwibawa.

Tanpa basa-basi lagi, di sini adalah penjelasan tentang bagaimana DNS. Semuanya langkah diurutkan demi langkah.

DNS Query

DNS Query adalah istilah teknis untuk meminta informasi tentang alamat IP. Tahap ini dimulai ketika Anda mengetik URL ke address bar.

Server DNS kemudian mencari informasi di filehosts. Jika informasi yang dicari tidak ditemukan, server akan mencoba untuk menemukan potongan informasi atau merekam informasi yang pernah tercatat dalam sistem (cache).

Dalam tahap awal ini sendiri, ada tiga jenis DNS Query. Ketiganya adalah query rekursif, permintaan berulang, dan non-rekursif query. Di bawah, Anda dapat menemukan pemahaman:

Recursive query

User memberikan nama host DNS resolver yang kemudian harus memberikan jawaban. Ada dua kemungkinan jawaban yang diberikan. Pertama, DNS akan memberikan informasi yang relevan setelah melihat Root Server atau Resmi Name Server. Kedua, browser akan menampilkan pesan kesalahan karena informasi yang tidak dapat ditemukan.

Iteratif permintaan

Pengguna memasukkan nama host. DNS resolver akan mencari relevan cache-memory. Jika tidak berhasil, DNS resolver akan menemukan informasi tentang Root Server dan Resmi Name Server terdekat dan relevan dengan zona DNS.

Non-recursive query

ini adalah proses pencarian informasi tercepat. Tipe ini tidak memerlukan pencarian di Root Server atau Resmi Name Server untuk data yang dicari disimpan dalam cache.

recursor DNS / DNS rekursif resolver

DNS recursor tahap pertama pencarian informasi. Ketika pengguna memasukkan URL dan tidak menemukan hasil yang valid dalam cache, sistem akan mencari informasi di penyedia cache internet atau penyedia layanan internet (ISP).

Akar Name Servers

Katakanlah Anda sedang mencari informasi yang tidak dapat ditemukan di ISP. Jadi, sistem akan mencari informasi yang Anda butuhkan untuk nama server root.

nama Akar server adalah jenis database yang jawaban pertanyaan tentang nama domain dan alamat IP. Server ini tidak memiliki jawaban yang tepat untuk informasi yang dicari.

Namun, server ini dapat meneruskan permintaan informasi kepada pihak-pihak yang lebih baik diinformasikan. Di dunia ini, ada 13 akar server yang bekerja. Root server yang berdasarkan abjad dari A ke M.

Ini jenis root server yang dikelola oleh organisasi seperti Sistem Konsorsium Internet, Verisign, ICANN, University of Maryland, dan US Army Research Lab.

TLD Nama Server

Dari server nama root, sistem akan membaca jenis informasi yang dicari dari domain top-level. Setiap TLD seperti .COM, ORG, EDU, ID, .au, dan sehingga memiliki server tertentu.

Dengan membaca informasi ini, sistem dapat melanjutkan pencarian informasi ke server yang benar-benar memiliki data yang dicari.

nama otoritatif server

Setelah menemukan Klu di mana server yang diinginkan, kami datang ke server nama otoritatif. Jenis server yang satu ini memiliki semua informasi lengkap tentang website yang Anda inginkan.

Ketika informasi yang diminta sesuai dengan hasil, maka browser akan menampilkan situs web atau halaman yang Anda minta di awal. Tentu saja, hasil pencarian ini memiliki jangka waktu tertentu.

Proses pencarian akan diulang untuk memastikan bahwa informasi yang ditampilkan tetap up-to-date. Tapi, tentu saja, beberapa informasi ini disimpan dalam cache di perangkat sebagai pencegahan untuk memproses berjalan permintaan lebih cepat.

Miscellaneous DNS

Informasi yang diminta pengguna dalam sistem DNS disebut catatan DNS. Ada beberapa jenis informasi yang dapat diminta dalam sistem DNS. Berikut adalah 10 record DNS yang paling umum:

Lihat juga:

Lihat juga:

Bagaimana Setting DNS Domain?

untuk dapat melakukan pengaturan Domain DNS, Anda perlu membuka fitur Zona Editor di cPanel. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pengaturan DNS:

Baca selengkapnya bimbingan artikel penuh →

Sudah Got Kan, Apa itu DNS?

melalui artikel ini, Anda akan tahu apa DNS sebenarnya. Pada dasarnya, DNS adalah sebuah sistem yang membantu Anda dalam browsing internet. Anda tidak perlu mengingat alamat website dalam angka. Anda hanya menulis nama domain yang Anda inginkan untuk membuka dan DNS akan menerjemahkannya ke alamat IP tujuan Anda.

Pada artikel ini, Anda juga belajar apa DNS fungsi dan bagian-bagian di dalamnya. Tak kalah penting, Anda begitu memahami bagaimana DNS dan pekerjaan Internet. Semua proses di atas dapat dijalankan dalam sepersekian milidetik. Ajaib, bukan?

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang DNS dan Internet lainnya pernak-pernik, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk berlangganan Niagahoster Blog menjadi informasi terbaru tentang tren terbaru dan internet.

Sampai jumpa di artikel berikutnya. Salam pembuka!

Share

Langganan Sekarang

Dapatkan berbagai artikel tutorial, dan tips menarik wawasan tentang dunia online langsung melalui email Andari.
Langganan Sekarang Dan #BuildSuccessOnline Bersama Niagahoster!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

masukkan jawaban dalam angka:

Lebih, Murah! Lebih, Hemat!

Web Hosting Gratis Domain mulai dari Rp. 10.000 / bln

© Copyright Niagahoster 2020

DNS Server
DNS Server

Domain Name Server (BIND) Load Balance
Domain Name Server (BIND) Load Balance

Apa Itu DNS? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Apa Itu DNS? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server |
Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server |

FortiGate - 13. DNS Server by aripang - YouTube
FortiGate – 13. DNS Server by aripang – YouTube

DNS ~ Cyber Tool
DNS ~ Cyber Tool

Fully qualified domain name - Wikipedia
Fully qualified domain name – Wikipedia

Pandutama: {CentOS 7} {Lab 6.3} Konfigurasi DNS Master dan Slave ...
Pandutama: {CentOS 7} {Lab 6.3} Konfigurasi DNS Master dan Slave …

Astin Hastuti (Tutorial Install dan Konfigurasi DNS Server pada ...
Astin Hastuti (Tutorial Install dan Konfigurasi DNS Server pada …

Coretan Sang Penghayal: Pengertian IP Addres, DNS, Gateway, Subnet ...
Coretan Sang Penghayal: Pengertian IP Addres, DNS, Gateway, Subnet …

Contoh Software Dns Server
Contoh Software Dns Server

Konfigurasi DNS Server di Ubuntu 16.04 - Immersa Lab
Konfigurasi DNS Server di Ubuntu 16.04 – Immersa Lab

Bagaimana Cara Mengganti DNS Server Komputer
Bagaimana Cara Mengganti DNS Server Komputer

DNS (Domain Name System) | NOTE
DNS (Domain Name System) | NOTE

Cara Setting DNS Server Dengan Cisco Packet Tracer
Cara Setting DNS Server Dengan Cisco Packet Tracer

Pengertian DOMAIN Adalah : Fungsi & Contoh Domain (Lengkap)
Pengertian DOMAIN Adalah : Fungsi & Contoh Domain (Lengkap)

Cisco Packet Tracer for Beginners - Chapter 2: Subnetting a Network
Cisco Packet Tracer for Beginners – Chapter 2: Subnetting a Network

DNS lookup utility | Si Kecil Hasna
DNS lookup utility | Si Kecil Hasna

Apa Itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?
Apa Itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?

Bagaimana Cara Mengganti DNS Server Komputer
Bagaimana Cara Mengganti DNS Server Komputer

Blog Archives - transmote
Blog Archives – transmote

DNS server - YouTube
DNS server – YouTube

DNS Server
DNS Server

Konfigurasi DNS Server pada Sistem Operasi Linux | rinosafrizal.com
Konfigurasi DNS Server pada Sistem Operasi Linux | rinosafrizal.com

Pengalamatan di Internet |
Pengalamatan di Internet |

LAB 6.1 : Konfigurasi DNS Server menggunakan BIND di Centos 7 ...
LAB 6.1 : Konfigurasi DNS Server menggunakan BIND di Centos 7 …

Secondary Name Server – Network Encyclopedia
Secondary Name Server – Network Encyclopedia

Ira Rubiyanti: Domain Name Sistem (DNS) Server
Ira Rubiyanti: Domain Name Sistem (DNS) Server

Windows Server 2019 : DNS Server : Set Forwarder : Server World
Windows Server 2019 : DNS Server : Set Forwarder : Server World

Install BIND DNS Server Centos 7 - saadwebid
Install BIND DNS Server Centos 7 – saadwebid

PROXY SERVER: April 2018
PROXY SERVER: April 2018

Apa itu DNS Server?? - YouTube
Apa itu DNS Server?? – YouTube

Cara Konfigurasi DNS Server di Debian - Nguprek
Cara Konfigurasi DNS Server di Debian – Nguprek

TIPS DAN TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET | Blog Yoga Permana Wijaya
TIPS DAN TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET | Blog Yoga Permana Wijaya

Cara Mengatur IP Address Pada Jaringan LAN - Robicomp
Cara Mengatur IP Address Pada Jaringan LAN – Robicomp

FortiGate - 13. DNS Server by aripang - YouTube
FortiGate – 13. DNS Server by aripang – YouTube

Materi Kuliah Jaringan Komputer II (DNS Server) | Va lestari ...
Materi Kuliah Jaringan Komputer II (DNS Server) | Va lestari …

Windows Server 2019 : DNS Server : Set Forwarder : Server World
Windows Server 2019 : DNS Server : Set Forwarder : Server World

Connect your website to a domain registered through Google - G ...
Connect your website to a domain registered through Google – G …

Changing the IP address of your network interface card in Windows ...
Changing the IP address of your network interface card in Windows …

DHCP Server Mikrotik - YouTube
DHCP Server Mikrotik – YouTube

Web Server dan DNS Server – Blog.ugm.ac.id
Web Server dan DNS Server – Blog.ugm.ac.id

Want to Know How to Double Your Internet Speed for Free? | TECH
Want to Know How to Double Your Internet Speed for Free? | TECH

Konfigurasi DNS Server Debian 8 | Smk Informatika Kota Serang ...
Konfigurasi DNS Server Debian 8 | Smk Informatika Kota Serang …

What is a DNS Flood | DDoS Attack Glossary | Imperva
What is a DNS Flood | DDoS Attack Glossary | Imperva

Tutorial : Mudahnya Konfigurasi DNS Server pada openSUSE/SLES ...
Tutorial : Mudahnya Konfigurasi DNS Server pada openSUSE/SLES …

Contoh Software Dns Server
Contoh Software Dns Server

Synology Wins Server Setup - energypussy's blog
Synology Wins Server Setup – energypussy’s blog

Konfigurasi DNS Server di Mikrotik - Lose Tech
Konfigurasi DNS Server di Mikrotik – Lose Tech

Mikrotik.ID : Forwarding DNS Server
Mikrotik.ID : Forwarding DNS Server

How a DNS Server (Domain Name System) works. - YouTube
How a DNS Server (Domain Name System) works. – YouTube

Makalah dhcp, dns, dan web server
Makalah dhcp, dns, dan web server

Instalasi & Konfigurasi Samba 4 Sebagai Active Directory Server ...
Instalasi & Konfigurasi Samba 4 Sebagai Active Directory Server …

Apa Itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?
Apa Itu DNS dan Bagaimana Cara Kerja DNS?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *