contoh program c++ penjualan dan pembelian

Diposting pada

Contoh Program C++ Transaksi Penjualan dan Pembelian Barang - Hardifal
Contoh Program C++ Transaksi Penjualan dan Pembelian Barang – Hardifal

“PROJECT UAS PROGRAM PENJUALAN DAN PEMBELIAN JAKET”

DISIAPKAN OLEH:

Kelas 12.1A.38

Sistem Informasi Akademik dan Komputer

Kursus: Dasar Pemrograman

Dosen: Ibu Nunung

PENDAHULUAN

alhamdulillah kita berdoa kepada Allah SWT yang telah memberikan bimbingan dan kasih karunia-nya sehingga kita dapat menyelesaikan makalah pemrograman ini. Tulisan ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas dari dosen pemrograman di paruh awal tahun ajaran 2018/2019.

Kami ingin mengucapkan terima kasih pemrograman kami dosen ibu Nunung dan semua teman-teman kelompok bantuan dalam menyelesaikan makalah ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari dosen kami demi banyak persiapan yang lebih baik dari kertas berikutnya.

Saya berharap makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua sebagai pembaca.

Amin.

Isi

PENDAHULUAN ……………………… ………………………………………….. ……. ………… .. i

ISI ……………….. ………………………………………….. ………………………….. ……… .. ii

BAB I ……………………………………….. ………………………………………….. …….. ………………. 1

…………… ………………………………………….. ………………………………. PENDAHULUAN .. 1

1.1 Latar Belakang ………………………………………….. …………………………………. .. 1

1,2 perumusan masalah … …………………………………….. ………………………………….. 1

1,3 tujuan …………………………………………. ………………………………………….. ……. 1

1.4 Ruang Lingkup …………………… ………………………………………….. ………………. 2

BAB II ………………… ………………………………………….. ………………………………………….. .. 3

TEORITIS ………………………………… ………………………………………….. ………. 3

2.1 Definition Language C ++ …… ……………….. ………………………………………….. . 3

2.2 menu menu Paling Tersedia Di Borland C ++ …………………… …….. …………. .. 3

2.3 Fungsi manipulator dan data jenis dalam C ++ bahasa …………… ………………. 5

2.4 Penggunaan perintah, Operator dan Operasi dan Fungsi Dalam Borland C + ……… ………………………………………….. ………………. ………. 9

2.4.1 Command Keluaran …….. ………………………………………….. ……….. .. 9

2.4.2 Command Put …………… ………………………………………….. …. .. 9

2.4.3 Operator ………………………….. …. ………………………………………. .. .. 10

2.4.4 String Operasi …………………………… …………………… ……………… .. 13

2.4.5 operasi Kondisi Selectors …………………………………… ………… .. 13

2.4.6 Operasi Perulangan ………………….. ………………………………………. 15

Array 2.4.7 ………………………… ………… …………………………………………. 16

2.4.8 Sorting Dalam C ++ …………………………….. ……………………………. 17

2.4.9 Pointer …. ………………………………………….. ……………………………. 18

2.4.10 Makro dan file header. ………………………………………….. ……… .. 19

2.4.11 Fungsi … …………. ………………………………………….. ………………… .. 20

2.4.12 Struktur …………… ……… ………………………………….. ……………….. 22

OOP 02/04/13 ……………. ………………………………………….. …………………… .. 23

BAB III ………….. ………………………………………….. ………………………………………….. …… .. 27

DISKUSI …………………………… ………………………………………….. …………………. .. 27

3.1 Workflow ……………. ………………………………….. program penjualan jaket. 27

3.2 Daftar Membuat Program Dengan C ++ Bahasa …………………………… ……. 30

BAB IV …………………………… ………………………………………….. ……………………………… 33

PENUTUP ………………………………….. ………………………………………….. ………………….. 33

4.1 …………….. ………………………………………….. ……………………… 33

4.2 Rekomendasi …………. ………………………………………….. ………………………………… .. 33

< / p>

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

teknologi pesat, terutama teknologi komputer tidak bisa lagi dipungkiri, orang-orang yang mengikuti perkembangannya , itu tidak akan dianggap remeh. Sebaliknya, mereka yang tidak mengikuti perkembangannya, bersiaplah untuk mengundurkan diri secara sukarela dari tahap kompetisi. Seperti wabah, teknologi komputer telah disusupi hampir setiap aspek kehidupan manusia. Dari pemerintah pusat ke tingkat pemerintahan desa, perusahaan, supermarket, minimarket, perguruan tinggi, sekolah tinggi, SMP, SD bahkan hampir semua akrab dengan komputer. Saat ini, lingkungan memiliki luas dan banyak diminati, juga dapat digunakan untuk membuat uang adalah dunia pemrograman komputer. Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal banyak bahasa pemrograman, seperti C, C ++, Pascal, Basic, Java, dan lain-lain.

Di antara banyak bahasa pemrograman, kelompok kami akan membuat program untuk Jaket penjulan program Borland C ++. Program ini dirancang untuk memfasilitasi pedagang untuk memasukkan jumlah penjualan dan total biaya penjualan jaket itu sendiri.

1,2 RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan masalah penelitian kertas adalah:

1,3 TUJUAN

Makalah ini disusun dengan tujuan sebagai sarana untuk mengikuti pesatnya perkembangan teknologi komputer di masa sekarang ini , salah satu dari mereka dalam dunia pemrograman sekarang lebih dan lebih populer. Dalam makalah ini kami membuat jaket kelompok program untuk memfasilitasi penjualan pembeli dan penjual dalam memasukkan data.

1,4 LINGKUP

Tulisan ini dibuat dengan program Borland C ++ IDE. IDE singkatan dari Integrated Development Environment, lembar kerja terpadu untuk pengembangan program. IDE dari Borland C ++, dapat digunakan untuk:

Script Ø Penulisan Program.

Program Kompilasi Ø (Kompilasi)

Ø Perilaku Testing Program (Debugging)

Ø Menghubungkan Obyek dan Perpustakaan Program (Linking)

Ø Menjalankan Program (Running)

BAB II

Dasar Teori

2,1 memahami bahasa C ++

pada tahun 1980 seorang ahli bernama Bjarne Stroustrup mengembangkan beberapa hal dari bahasa C yang disebut “C dengan Kelas” yang awalnya disebut “C lebih baik” dan berganti nama pada tahun 1983 untuk C ++ oleh Rick Mascitti, dibuat di Bell Laboratories, aT & T.

di C ++ menambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan karakteristik telah dipanggil Object Oriented Programming (OOP), yang memiliki tujuan utama adalah untuk membantu dan mengelola program yang besar dan kompleks.

Memahami C ++ sendiri adalah bahasa pemrograman yang memiliki beberapa kompiler yang berbeda. Ada empat kompiler umum yaitu: Borland C ++, Microsoft Visual C ++, C / 386 Watcom, danDJGPP. Setiap kompiler ini agak berbeda. Setiap kompiler akan dapat melakukan fungsi fungsi standar C ++ ANSI / ISO, tetapi masing-masing compiler juga akan dapat melakukan fungsi fungsi yang tidak standar (fungsi-fungsi ini, agak mirip dengan bahasa gaul yang digunakan di berbagai bagian negara . misalnya, di New Orleans mengatakan median disebut netral).

bahasa pemrograman C ++ adalah bahasa yang sangat berbeda. Untuk C ++ compiler berbasis DOS, akan memerlukan beberapa kata kunci (keyword), kata kunci itu sendiri tidak cukup untuk melayani sebagai input dan output. Meskipun hampir semua fungsi dalam file library tampaknya diakses oleh file header.

Menulis di C ++ adalah kasus sensitif. cara yang, C ++ membedakan huruf kecil dan modal. berarti yang itu (lagi): variabel_pertama tidak sama untuk variabel_Pertama atau mboknya_echi tidak sama dengan mboknya_Echi

Komentar di C ++ ditulis dengan ‘//’ untuk komentar dengan panjang satu baris atau ‘/ *’ dan ‘* /’ untuk komentar lebih dari satu baris, dimana tanda-tanda / * merupakan “pembuka” komentar dan * / adalah “menutup” komentar. Komentar adalah catatan yang ditulis oleh programmer sebagai pengingat atau penjelasan ketika membaca kode. Kata – kata dalam komentar tidak akan dieksekusi oleh compiler. Setiap pernyataan dalam C ++ harus ditandai ‘;’ pada akhir pernyataan tersebut.

2,2 MENU TERSEDIA AT BORLAND C ++

IDE Borland C ++, dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:

Menu utama terdiri dari ; File, Edit, Cari, Run, Compile, Debug, Project, Options, Window dan Help.

Baris yang menampilkan cara pintas (ikon) untuk memudahkan pengguna dalam membuat program C ++, seperti ikon membuka, menyimpan, compiler, run dan lain-lain.

Dimana untuk menampilkan pesan pada kompilasi dan link program. Jika ada program yang dan variabel dan objek kesalahan sintax, maka akan diberikan pesan kesalahan yang kemudian bisa klik didouble pada pesan untuk mendapatkan arah di baris mana ada kesalahan.

Jalur yang akan fitur komentar saat mengaktifkan menu bar dan sub menu serta keterangan lain (seperti baris dan kolom manual, waktu berjalan).

tempat untuk mengetik program dan membuat program. Jika pertama kali Anda membuat program, nama file adalah jendela editor struktur program NONAME00.CPP C ++ terdiri dari sejumlah blok fungsi, fungsi masing-masing terdiri dari satu atau lebih pernyataan yang melaksanakan tugas-tugas tertentu.

Ø #include adalah preprocessor di C ++ untuk memanggil file header yang berisi beberapa perintah dari C ++ (misalnya, jika Anda ingin menggunakan perintah cout harus menggunakan file header iostream

Ømain () merupakan awal dari blok program utama

tanda-tanda Ø {dan} sebagai punctuator awal program blok hingga akhir program block

Ø cout yaitu output perintah di C ++

Ø getch (); ketika ditempatkan sebelum funtuator}, maka berfungsi sebagai penyangga dari tampilan hasil.

Berkas Editor adalah file kode program yang dapat dikompilasi, kemudian dieksekusi untuk menampilkan hasil yang memiliki ekstensi file.CPP. Cara mengaktifkannya: Klik Menu File-> Save New -> Edit Text.

Setelah selesai teks program mengetik baru di Edit Teks jendela, yang kemudian disimpan dengan cara:

proses Kompilasi adalah proses dari sebuah program untuk menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa yang dimengerti oleh = komputer adalah bahasa mesin, nyaitu oleh:

proses Run adalah proses menerjemahkan program, melakukan proses linking, membuat file executable (exe) dan sekaligus menjalankan program, yaitu dengan cara:

2.3 FUNGSI DAN JENIS DATA ON manipulator BAHASA C ++

FUNGSI 2.3.1 manipulator

manipulator digunakan untuk mengatur tampilan layar, untuk manipulator ini menggunakan file header untuk dimasukkan file header iomanip.h. Ada beberapa fungsi manipulator yang disediakan oleh Borland C ++, antara lain.

endl manipulator adalah fungsi yang digunakan untuk memasukkan karakter baris baru atau set untuk memindahkan baris. Fungsi ini sangat berguna untuk perangkat output dalam bentuk file pada disk. File header untuk dimasukkan adalah file iostream sundulan. \

Contoh:

Char nim [10] = “12.098.890”, nama [20] = “Fahmi”;

Char alamat [20] = “Bekasi Timur”;

clrscr ();

cout << “Nim” nim << << endl;

cout << “Nama:” << nama << endl;

Berakhir fungsi manipulator yang digunakan untuk menambah karakter null (ASCII nilai NOL) karakter kederetan. Fungsi ini akan berguna untuk mengirim sejumlah karakter kefile didisk atau modem dan mangakhirinya dengan karakter NULL .. File header untuk dimasukkan adalah file iostream sundulan.

Contoh:

int a, b, c, d;

clrscr ();

c = a% b;

d = a * b;

cout << “Hasil C = A% B adalah” << c << ujung;

cout << “Hasil D = A * B adalah” << d << ujung;

getch ();

}

Kirim data secara langsung ke output standar.

Desember, Oktober dan hex adalah manipulator fungsi yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk desimal (berdasarkan jumlah 10), oktal (berdasarkan nomor 8) dan heksadesimal (basis 16 penomoran). File header untuk dimasukkan adalah file header iomanip.h

Contoh:

int nilai = 320;

clrscr ();

cout << “Nilai awal =” << endl << nilai;

cout << “Nilai untuk Oktal =” Oktober << << << nilai endl;

cout << “Nilai untuk Hexadecimal =” hex << << << nilai endl;

cout << “Nilai untuk Decimal =” Desember << << << nilai endl;

getch ();

setbase () adalah manipulator fungsi yang digunakan untuk konversi angka Oktal, Desimal dan Heksadesimal. File header yang harus disertakan file header iomanip.h.

Ini bentuk tulisan:

setbase (nomor dasar);

Nomor Basis adalah dasar masing-masing

nomor, yaitu:

setw () adalah fungsi manipulator yang digunakan untuk mengatur lebar layar display dari nilai variabel. File header untuk menyertakan file header iomanip.h .Bentuk menulis:

setw (int n);

n = adalah lebar layar data, integer.

setfill () adalah fungsi manipulator yang digunakan untuk membersihkan bagian depan karakter yang nilai ditelakan set oleh fungsi setw (). File header untuk menyertakan file header iomanip.h .Bentuk menulis:

setfill (charakter);

Membangun presisi pecahan sebagai ‘n’ digit

Fungsi setiosflags () adalah manipulator fungsi yang digunakan untuk mengatur sejumlah format data output .. fungsi ini biasa di pengadilan yang function (), file header untuk dimasukkan file header iomanip.h.

Ada beberapa format output untuk setiosflags fungsi (), antara lain.

Format Tedapat dua pin yang digunakan untuk menghaluskan kiri dan kanan, regulasi lebar variabel untuk menghaluskan kiri dan kanan melalui fungsi setw ().

_ ios :: kiri digunakan untuk mengatur alignment kiri

_ ios :: tepat digunakan untuk mengatur alignment yang tepat.

Format Tanda digunakan untuk notasi output, yaitu:

ios :: ilmiah digunakan untuk menyesuaikan output dalam bentuk notasi eksponensial.

ios :: tetap digunakan untuk menyesuaikan output dalam bentuk notasi desimal.

Ada tiga jenis format yang tanda digunakan untuk mengkonversi output dalam basis desimal, Oktal dan Heksadesimal, yaitu:

ios :: Desember digunakan untuk menyesuaikan output konversi basis desimal.

ios :: Oktober digunakan untuk menyesuaikan output konversi basis oktal.

ios :: hex digunakan untuk menyesuaikan output konversi basis heksadesimal.

untuk tujuan memanipulasi atau mengubah huruf dalam notasi heksadesimal dengan menggunakan format:

ios :: huruf besar digunakan untuk mengubah huruf dalam surat notasi heksadesimal.

untuk tujuan menampilkan heksadesimal dan basis Oktal nomor dengan menggunakan format:

ios :: showbase digunakan untuk menampilkan 0x tanda (zero-x) dimulai pada heksadesimal layar dan 0 (nol) pada awal pada nomor display desimal.

Untuk keperluan tampilan titik desimal dengan menggunakan format:

ios :: showpoint digunakan untuk titik tampilan desimal pada sejumlah

yang tidak memiliki desimal titik tipe data mengambang atau ganda.

untuk keperluan menampilkan simbol plus (+) pada nomor bahkan dengan menggunakan format:

ios :: showpos digunakan untuk menampilkan simbol plus (+) di variabel yang memiliki nilai angka positif.

2.3.2 Jenis data

C ++ selain memiliki dan juga memiliki tipe data. Jenis data dan memiliki satu – satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Mengapa? Karena dalam proses yang diproses sebagian besar adalah konstan dan variabel, variabel tidak terdeteksi jenis data tidak akan diproses oleh komputer data yang .Tipe biasanya ditulis di awal setelah kurung keriting “{“. Ada beberapa jenis yang sering digunakan:

tipe data int adalah tipe data integer dan memiliki jumlah bit

Apakah tipe data memiliki dua nilai, yaitu benar atau salah . penerapannya dengan menggunakan operator dan, atau dan tidak. sebanyak 16.

tipe data char adalah tipe data karakter dan memiliki jumlah bit sebanyak 8. Char tipe data biasanya digunakan untuk nama, alamat, jenis, dan lain-lain – orang lain.

Contoh:
char nama, jenis kelamin; (Menulis Salah)
nama char, jenis_kelamin; (Menulis Benar)
Berdasarkan coding di atas berarti nam dan jenis kelamin termasuk tipe data char dan dapat diproses oleh komputer.

Tipe data mengapung adalah pecahan tipe data (pecahan presisi tunggal) dan memiliki jumlah bit sebanyak 32.

adalah kumpulan dari beberapa karakter, jumlah berubah sesuai dengan kebutuhan, besarnya 1 s / d 255 karakter.

array adalah struktur data yang menyimpan sekumpulan elemen dengan tipe data yang sama. Sebuah baut A dengan delapan elemen, notasi

menulis:

A [1], A [2], A [3], A [4], A [5], A [6], A [7], A [8]

Angka dalam kurung menyatakan array indeks.

2.4 PENGGUNAAN perintah-perintah, OPERATOR, DAN OPERASI DAN FUNGSI BORLAND C ++

2.4.1 COMMAND OUT

fungsi printf () fungsi adalah output yang paling umum digunakan untuk menampilkan informasi kelayar. Printf ( “string-kontrol”, argumen-1, argumen-2, String-Control bisa dalam bentuk informasi yang akan ditampilkan pada layar bersama dengan format memutuskan.

Urutan puts () hampir identik dengan printf (), yaitu digunakan untuk

string cetak pada layar. puts () berasal dari string kata PUT.

perbedaan antara printf () dan puts ( ) adalah:

printf
()
Puts ()
Harus
menentukan tipe data untuk data string, yaitu% s
Tak perlu menentukan jenis data string, karena fungsi ini khusus untuk tipe data string

Untuk mencetak baris baru, memerlukan notasi ‘\ n’
Untuk mencetak satu baris tidak perlu notasi ‘\ n’, karena diberikan secara otomatis

Perintah putchar () digunakan untuk menampilkan karakter ke layar. Munculnya karakter tidak diakhiri dengan baris baru.

Fungsi cout adalah objeck di Borland C ++ digunakan untuk menampilkan kelayar data. Untuk menggunakan fungsi cout ini, harus menyertakan file header iostream.

2.4.2 COMMAND INPUT

Fungsi scanf () digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data, General Shape

dari fungsi ini adalah:

scanf ( “penentu” format, dan nama-variabel);

simbol dan pointer digunakan untuk variabel memori kealamat menunjuan yang bersangkutan.

Fungsi mendapat () digunakan untuk memasukkan data string. bentuk umum dari fungsi ini adalah:

mendapat (nama-variabel-array);

Perbedaan antara scanf () dan mendapat () adalah:

scanf
()
mendapat ()

Tidak dapat menerima string yang berisi spasi atau tab dan dianggap sebagai data terpisah.
Menganding string dapat menerima spasi atau tab dan masing-masing dianggap sebagai satu unit data.

Fungsi cin adalah objeck di C ++ digunakan untuk memasukkan data. Untuk menggunakan fungsi cin ini, harus menyertakan file header iostream.h

2. getch ()

Fungsi getch () (mendapatkan karakter dan echo) digunakan untuk membaca karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukkan tidak akan ditampilkan di layar. File header untuk dimasukkan adalah conio.h.

3. getche ()

fungsi getche () digunakan untuk membaca karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan menekan tombol ENTER, dan karakter yang dimasukkan ditampilkan di layar. File header untuk dimasukkan adalah conio.h

2.4.3 OPERATOR

Berikut adalah simbol-simbol yang biasa atau karakter yang terlibat dalam program ini, yang digunakan untuk melakukan sesuatu operasi atau manipulasi, seperti penambahan, pengurangan dan lain-lain.

operator memiliki sifat sebagai berikut:

sifat Unary operator hanya melibatkan operan dalam operasi aritmatika.

Contoh: -5

Binary Sifat operator adalah melibatkan dua operan dalam operasi aritmatika.

Contoh: 4 + 8

sifat Tenary operator terlibat dalam tiga operan operasi aritmatika

Contoh: (10% 3) + 4 + 2

dalam ekspresi aritmatika, selalu menjumpai beberapa operator.aritmatika yang berbeda dapat digunakan secara bersamaan. Aritmatika urutan operator sebagai berikut:

Operator
Informasi

* atau /
Tingkatan operator yang sama, penggunaannya tergantung pada lokasi, yang di depan didahulukan

%
Sisa divisi

+ atau –
Tingkatan operator yang sama, lokasi penggunaan tergnatung, yang ada di depan didahulukan

Sebelumnya kita mengenali operator nilai pemberi (assignment operator) bahwa tanda “=”. Misalnya penggunaan operator skorer A = A + 1

Dari menulis ungkapan di atas, Borland C ++ menyederhanakan ke A + = 1

Notasi “+ =” dikenal oleh operator aritmatika pencetak gol terbanyak. Ada beberapa operator pencetak gol aritmatka meliputi:

Operator
Informasi

* =
Perkalian

/ =
divisi

% =
sisa pembagaian

+ =
Penjumalahan

– =
Pengurangann

Hubungan digunakan untuk menghubungkan dua buah hubungan operasi menjadi ekspresi dari kondisi tersebut. Hasil ini operator logika menghasilkan nilai numerik dari 1 (True) atau 0 (False).

Operator
Informasi

&&
operator logika AND

||
Logika Operator OR

!
Operator tidak logis

Masih terkait dengan pencetak gol operator, Borland C ++ menyediakan operator meningkat dan penurunan. Dari operator donor sampel menulis sebagai nilai penyederhanaan dapat meningkatkan dan menurunkan operator.

Operator
Informasi

++
meningkatkan


Pengurangan

A = A + 1 atau A = A -1; disederhanakan menjadi A ++ aatau A-operator “++” atau “-” dapat ditempatkan di depan atau di belakang variabel

Catatan: 1. Penambahan 1 dengan nilai variabel, prefix (++ a) atau postfix (A ++)

Ø Operator Hubungan

Hubungan digunakan untuk membandingkan dua nilai. Hasil operator perbandingan ini menghasilkan nilai numerik dari 1 (True) atau 0 (False).

Operator
Informasi

==
Equals (tidak memberikan nilai)

! =
Tidak sebanding dengan

>
Lebih dari

<
Kurang dari

> =
Lebih dari sama dengan

<=
Kurang dari untuk sama

Ø Bitwise Operator

Bitwise digunakan untuk memanipulasi data dalam bentuk bit. Borland C ++ menyediakan operator yang enam bitwis.

Operator
Informasi

~
Bistwise TIDAK
<<
Bitwise Pergeseran Kiri

>>
Bitwise shift kanan

&
bitwise DAN

^
bitwise XOR

|
bitwise OR

2.4.4 OPERASI STRING

operasi string selalu ditemukan dalam bahasa pemrograman, karena hampir semua bahasa pemrograman menggunakan manual input string, terutama pada pemrograman visualisasi. Dalam bab ini akan dibahasa beberapa perintah dan fungsi string.

Borland C ++ menyediakan beberapa fungsi yang digunakan untuk manipulasi string, seperti:

Ø Fungsi strcat ()

fungsi ini digunakan untuk menambahkan goto string sumber akhir dari string yang menarik. File header untuk dimasukkan adalah string.h dan ctype.h

Ini bentuk tulisan:

strcat (tujuan, sumber);

Ø Fungsi strcmp ()

fungsi ini digunakan untuk membandingkan string pertama dengan string kedua. Hasil fungsi ini dengan tipe data integer (int). File header harus dimasukkan Bentuk adalahstring.h Penulisan:

var_int = strcmp (str1, str2);

Ø Fungsi strcpy ()

Fungsi ini digunakan untuk menyalin string asli semua variabel string yang menarik, asalkan string tujuan harus memiliki tipe data dan ukuran yang sama dan dengan string asli. File header untuk dimasukkan adalah string.h. Bentuk Penulisan:

strcpy (tujuan, asal);

Ø Fungsi strlen ()

Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan jumlah karakter dalam string. File header untuk dimasukkan adalah string.h. Bentuk Penulisan:

strlen (str);

fungsi Ø strrev ()

Fungsi ini digunakan untuk membalik urutan tata letak tali. String urutan terakhir keurutan pindah di depan dan seterusnya. File header untuk dimasukkan adalah string.h. Bentuk Penulisan:

strrev (str);

4.4.5 KONDISI OPERASI penyeleksi

Pernyataan percabangan digunakan untuk memecahkan masalah untuk mengambil keputusan dengan latar belakang laporan yang ada. Untuk keperluan pengambilan keputusan, Borland C ++ menyediakan beberapa perintah, antara lain.

Sebuah pernyataan jika memiliki ide: “Jika kondisi benar, maka perintah akan dilakukan dan jika tidak memenuhi syarat itu akan diabaikan”.

bentuk Umum:

if (kondisi)

pernyataan;

Sebuah pernyataan jika memiliki ide: “Jika kondisi benar, maka perintah-1 akan dilakukan dan jika tidak memenuhi syarat itu akan bekerja pada perintah-2”.

Form Umum:

if (kondisi)

perintah-1;

lain

perintah-2;

Bersarang jika jika pernyataan dalam pernyataan lain jika. Pernyataan notasi Bersarang jika adalah:

if (kondisi)

{

if (kondisi)

… perintah;

lain

… perintah;

}

lain

{

if (kondisi)

… perintah;

lain

… perintah;

}

Bentuk jika-lain-naik nyata mirip dengan bersarang jika, manfaat menggunakan jika-lain bertingkat dibandingkan dengan bersarang jika adalah penggunaan formulir ini penulisan adalah jauh lebih sederhana.

bentuk tulisan Umum:

if (kondisi)

{

… perintah;

… perintah;

}

lain jika (kondisi)

{

… perintah;

… perintah;

}

lain

{

… perintah;

… perintah;

}

bentuk switch – kasus adalah pernyataan yang dirancangan khusus untuk menangani pengambilan keputusan yang melibatkan beberapa atau banyak alternatif penyelesaian. Pernyataan switch – hal ini memiliki tujuan yang sama seperti jika – lain bertingkat, tetapi penggunaannya adalah untuk memeriksa data dari jenis atauinteger karakter. Bentuk penulisan perintah ini sebagai berikut:

switch (ekspresi integer atau karakter)

{

kasus konstan-1:

. .. perintah;

… perintah;

break;

kasus konstanta-2:

… perintah;

… perintah;

break;

default:

… perintah;

… perintah;

}

2.4.6 OPERASI perulangan

Operasi perulangan selalu bertemu dalam bahasa pemrograman, di sini akan dibahasa beberapa perintah perulangan mereka.

loop akan terus dilaksanakan selama kondisi ini terpenuhi.

Form Umum:

while (kondisi)

pernyataan;

loop akan dilaksanakan pertama dan uji iterasi dilakukan kemudian.

Form Umum:

melakukan

pernyataan;

while (kondisi);

Form Umum:

Untuk (inisialisasi; kondisi pengulangan; nilai pengubah)

Ini adalah perulangan dalam untuk loop lain.

Form Umum:

Untuk (inisialisasi; kondisi pengulangan; nilai pengubah)

{

untuk (inisialisasi; kondisi pengulangan ; nilai pengubah)

{

perintah;

}

}

2.4.7 ARRAY

ARRAY terstruktur jenis yang terdiri dari sejumlah komponen yang memiliki tipe yang sama . Array memiliki jumlah tetap komponen angka tersebut. Jumlah komponen dalam array ditunjukkan oleh indeks untuk membedakan satu variabel dengan variabel lainnya.

Form Umum:

tipe_data variable_name [Size]

Keterangan:

dua dimensi array disusun dalam bentuk baris dan kolom , dimana indeks pertama menunjukkan baris dan indeks kedua menunjukkan kolom. Dua-dimensi array dapat digunakan sebagai penjualan pendatan, nilai koleksi dan sebagainya.

Form Umum:

tipe_data variable_name [index-1] [index-2]

Keterangan:

2.4.8 sorting dalam C ++

Technics sequencing dengan memilih elemen atau proses kerja dengan memilih elemen data terkecil untuk perbandingan kemudian dan elemen tukar data awal dan seterusnya sampai semua elemen yang akan menghasilkan pola data yang memiliki disort.

prinsip kerja dari teknik ini adalah:

Menggunakan prinsip gelembung udara yang akan bergerak ke atas dalam satu per satu. Prinsip Kerja dari Bubble Sort adalah:

Prinsip dasar dari penyisipan berulang kali memasukkan / menyisipkan setiap elemen. ke posisi / tempat yang benar. Prinsip Kerja Insertion Sort adalah:

2.4.9 POINTER

Ini adalah variabel yang berisi alamat dari variabel lain. Sebuah pointer dimaksudkan untuk menyampaikan ke alamat memori sehingga alamat dari variabel dapat ditentukan dengan mudah.

operator ini biasa disebut dengan “alamat” operator atau alamat. Dengan menggunakan operator dereference (&) adalah, variabel akan menghasilkan alamat lokasi memori.

operator ini biasa disebut dengan “nilai yang ditunjukkan oleh”. Dengan menggunakan operator referensi (*) ini, menghasilkan nilai yang berada pada alamat memori. Contoh:

NURAINI = 75;

FAHMI = & NURAINI; // RAKA sama dengan Alamat Of NURAINI (0x0012ff88)

Joey = * FAHMI; // Joey sama untuk nilai yang ditunjukkan oleh FAHMI (75)

Sebuah pointer dapat dinyatakan sebagai konstanta atau tidak dapat diubah. Untuk mendeklarasikan sebuah konstanta pointer untuk memberikan nama yang konstan di depan const kata. notasi:

tipe_data * const nama_konstanta;

Karena keakhlian dari pointer untuk menunjuk langsung ke nilai tertentu, periksa satu per satu data memiliki variabel pointer ketika pertama kali dideklarasikan. notasi:

tipe_data * variable_name;

Tidak terbatas untuk menunjuk alamat dari variabel, pointer dapat juga menunjuk ke pointer lainnya. Dalam pendeklarasianya, hanya menambahkan pointer referensi (*) pada variabel yang akan ditugaskan.

Konsep Array yang jauh loncatan dari satu pointer ke pointer lain. karena secara internal array yang juga menyatakan alamat, yaitu array identifier di alamat pada elemen pertama, array.

2.4.10 MAKRO Dan FILE HEADER

Ini adalah perintah yang termasuk ke dalam program, tetapi bukan instruksi dari program itu sendiri, tetapi untuk preprocessor. Dalam penggunaan preprocessor arahan selalu dimulai dengan #.

Digunakan untuk menentukan nilai tertentu untuk nama konstan. Bentuk umum dari preprocessor # define directive adalah:

#define nama_konstanta text

# include Preprocessor telah dibahas dalam bab sebelumnya, yang berfungsi untuk menyertakan file header ke dalam program-program yang akan dibuat. Dalam menulis # include ada dua bentuk penulisan:

# include “nama_file_header”

atau

# include

Dalam bentuk ini penulisan #include memiliki arti yang berbeda, yaitu:

“pertama kalinya compiler akan mencari file header yang disebutkan di direktori yang sedang aktif dan apa jika tidak ditemukan akan mencari direktori mana file header berada”.

“pertama kalinya compiler akan mencari file header yang ditentukan di header file direktori yang ada, kecuali direktori saat ini

Preprocessor # jika -. # Endif digunakan untuk mengkompilasi jika pernyataan kondisi # jika benar, jika tidak, akan diabaikan. Pernyataan keadaan sebagai ekspresi konstan yang dinyatakan oleh #define.

Menulis Benuk

#if ekspresi konstan

wahyu;

# endif

Preprocessor #if – else – # endif digunakan untuk mengkompilasi jika pernyataan kondisi # jika benar, jika itu adalah palsu, # if, pernyataan else adalah disusun. Pernyataan keadaan sebagai ekspresi konstan yang dinyatakan oleh #define.

Menulis Benuk # jika ekspresi konstan

Wahyu-1;

# else

wahyu-2;

# endif

Preprocessor #elif digunakan untuk mengkompilasi dari pernyataan bertingkat. Dalam hal ini serta #elseif #elif, kombinasi # jika dan else.

Menulis Benuk # jika konstan ekspresi-1

Wahyu-1;

# elif-konstan ekspresi-2

wahyu-2;

# elif konstan ekspresi-n

wahyu-n;

# endif

Preprocessor #undef digunakan untuk menghapus nilai yang telah ditetapkan dari daftar definisi.

Preprocessor #ifdef dan #ifendef memberikan bagian dari program yang akan disusun, hal itu dapat dilakukan jika sudah konstanta didefinisikan dalam bagian define, ini adalah parameter khusus yang harus didefinisikan. General Benuk menulis sebagai berikut:

#ifdef

ekspresi nama-konstan;

# endif

2.4.11 FUNGSI

Fungsi (Function) adalah blok kode yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus . Kegunaan dari fungsi ini adalah untuk:

nama_fungsi (argumen)

{

… pernyataan / perintah;

… pernyataan / perintah;

… pernyataan / perintah;

}

Keterangan:

– nama fungsi, dapat ditulis secara bebas dengan syarat, tidak menggunakan spasi dan nama fungsi yang memiliki arti sendiri .

– argumen, ditempatkan di antara tanda kurung “()” yang terletak di belakang nama fungsi. Argumen dapat diisi dengan data atau dibiarkan kosong.

– Pernyataan / perintah, ditempatkan di antara tanda kurung ‘{}’.

Prototipe adalah deskripsi dari blok fungsi yang dapat digunakan untuk mendeklarasikan untuk compiler tentang:

Fungsi prototipe ditulis pada program utama blok dan berakhir dengan titik koma kualifikasi (;) . sedangkan program blok fungsi yang berisi perintah atau pernyataan dari program ini di bawah program blok utama.Sedangkan adalah parameter ke fungsi adalah nilai-nilai yang menentukan objek yang dinyatakan pada bagian dari argumen dalam fungsi. Nilai-nilai dalam benda-benda tersebut diperoleh dari variabel kelembutan pada program utama.Terdapat dua jenis parameter fungsi, yaitu:

Dalam panggilan dengan nilai nilai parameter yang sebenarnya adalah untuk dimasukkan ke formal parameter. Dengan cara ini nilai parameter yang sebenarnya tidak dapat diubah, walaupun nilai parameter formal berubah.

Dialing dengan mengacu pada panggilan dari nilai parameter dalam parameter fungsi yang sebenarnya disimpan pada alamat memori dengan menggunakan pointer.

Digunakan untuk mengirimkan nilai atau nilai-nilai dari suatu fungsi ke fungsi lain yang memanggilnya. Pernyataan kembali () diikuti oleh argumen bahwa nilai yang akan dikirimkan. Syarat utama dalam pembuatan fungsi kembali adalah nama fungsi untuk mengembalikan nilai, karena nilai hasil parameter formal akan disimpan dalam nama fungsi.

Jenis Variabel dalam C ++ sangat berguna dalam penulisan fungsi untuk menggunakan dalam penggunaan variabel tidak salah. Ada beberapa jenis variabel:

Variabel lokal adalah variabel dideklarasikan dalam fungsi dan hanya diketahui oleh fungsi yang relevan. variabel lokal yang biasa disebut variabel otomatis.

variabel eksternal adalah variabel yang dideklarasikan di luar fungsi yang global, yang berarti dapat digunakan bersama-sama tanpa harus dinyatakan lagi dan lagi. Untuk deklarasi variabel eksternal ini, di luar fungsi utama (), yang memiliki deklarasi variabel selalu di) Fungsi utama (.

Fungsi inline (fungsi inline) digunakan untuk mengurangi eksekusi lambat program dan mempercepat pelaksanaan program, terutama dalam program sering menggunakan fungsi berlebihan atau panggilan. terutama program yang menggunakan laporan perulangan seperti untuk, sementara dan lakukan-sementara. fungsi inline dideklarasikan dengan kata kunci inline ditambahkan di depan tipe data.

Fungsi Overloading adalah mendefinisikan beberapa fungsi, sehingga memiliki nama yang sama tetapi dengan parameter yang berbeda. Ia telah mengemukakan bahwa fungsi kelebihan beban dimaksudkan untuk memberikan versi lain dari fungsi. Salah satu keuntungan dari C ++ adalah overloading. Sebagai contoh membentuk fungsi yang sama dengna berbagai jenis dan juga membuat fungsi nama yang berbeda juga.

4.4.12 STRUKTUR

Struktur digunakan untuk mengklasifikasikan sejumlah data yang memiliki tipe data yang berbeda. Variabel yang membentuk struktur yang disebut elemen struktur. Merekam struktur yang sama seperti dalam bahasa pemrograman Pascal.

struct nama_tipe_struktur

{

elemen_struktur;

… ..

… ..

};

atau

Struct

{

elemen_struktur;

… ..

… ..

} nama_tipe_struktur;

a elemen struktur dapat dikirim ke fungsi dalam cara yang sama seperti mengirimkan variabel sederhana menjadi fungsi.

Struct

{

elemen_struktur;

………………….;

} nama_tipe_struktur [jml_index];

04/02/13 KELAS ATAS PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBYEK (OOP)

OOP adalah pemrograman fokus ke objek untuk menyelesaikan tugas atau proses program . Sementara pengiriman penitikberatkan dimaksudkan untuk nilai-nilai interaksi, pesan atau pernyataan antara objek.

-kelas

Kelas adalah deskripsi atau karakter abstrak dan sifat dari sebuah objek. Class juga dapat menentukan karakteristik dan perilaku dari objek.

-Object

Obyek (object) adalah sebuah entitas data atau sifat tangible dan intangible (karakteristik) sesuai dengan kondisi tertentu atau status penggunaan. Data atau badan dalam pemrograman bisa disebut dengan blok fungsi.

-Methode

Metode adalah prosedur untuk objek yang akan diperlakukan, atau penggunaan atau manfaat dari objek.

OOP dapat pendekatan objek menggambarkan segala sesuatu yang nyata

benda-benda yang telah ditetapkan dapat dikelompokkan lagi dengan objek lain

Karena sifat dari berbagai objek memiliki swasta dan publik, maka jika bagian dari ingin swasta untuk digunakan pada objek lain dapat diperbarui dengan menempatkan objek lain berada di masyarakat.

Sebuah objek yang telah didefinisikan kedua jenis, bentuk, karakteristik dan perilaku dapat didefinisikan ulang dengan objek lain.

Bentuk umum dari kelas

nama kelas class_

{

pribadi:

data element_class;

metode;

publik: c

data element_class;

metode;

fungsi protype;

};

Deklarasi Object;

publik (public) menyat akan bahwa deklarasi variabel atau item dalam kelas dapat diakses dari luar kelas.

Swasta digunakan di kelas kepada anggota melindungi dari urutan tertentu mereka tidak dapat diakses dari luar kelas secara langsung.

konstruktor (constructor) adalah fungsi dari anggota dari kelas yang memiliki nama yang sama dengan nama kelas fungsi itu berada. Konstruktor ini digunakan untuk mengalokasikan ruang untuk sebuah objek dan untuk memberikan nilai awal.

Destructor adalah fungsi anggota yang dijalankan secara otomatis ketika sebuah objek akan dibebaskan dari memori karena lingkup keberadaannya telah menyelesaikan tugasnya. Destructor harus memiliki nama yang sama dengan kelas dan mulai karakter tilde (~) atau karakter yang tak terbatas. Destructor digunakan khusus ketika suatu objek menggunakan memori dinamis selama keberadaannya dan kemudian melepaskan memori yang setelah tidak digunakan.

Karakteristik ini adalah sifat-sifat turunan atau warisan

(Warisan) mereka, satu nama memiliki banayak sifat atau perilaku (Polymorphism), sifat pembungkus dari objek yang berbeda (enkapsulasi). berikut ini akan menjelaskan karakteristik OOP:

Warisan memungkinkan programmer untuk “kalah” kelas ke kelas lain yang lebih spesifik dan memiliki fungsi yang lebih komprehensif. Warisan mewakili hubungan “seperti” atau “seperti” (semacam). Penentuan akses ke t warisan yang adarusuk macam, yaitu:

Akses berdasarkan penentuan anggota penyebab umum dari masyarakat dari kelas utama akan menjadi anggota masyarakat yang berasal kelas dan memimpin juga anggota melindungi kelas menjadi anggota utama melindungi kelas turunan, tapi untuk anggota kelas privat tetap pada kelas premier pribadi.

Penentu akses berbasis anggota penyebab pribadi dari anggota masyarakat dari kelas utama akan anggota dilindungi kelas turunan, dan anggota utama dari kelas utama menjadi anggota protect kelas turunan, tetapi untuk pribadi sisa-sisa anggota kelas secara pribadi kelas utama.

Penentu akses yang dilindungi anggota berbasis memimpin dari anggota dilindungi dan masyarakat dari kelas utama akan menjadi anggota pribadi dari kelas turunan. anggota pribadi dari kelas utama selalu menjadi anggota private kelas utama.

2 buah polimorfisme adalah kemampuan objek yang berbeda untuk merespon pesan permintaan yang sama dengan cara yang unik. fungsi virtual merupakan dasar dari polimorfisme yang bekerja hanya dengan pointer dan referensi dan hanya menyatakan metode sebagai virtual.

Adapun aturan fungsi virtual sebagai berikut:

Encapsulation adalah sebuah proses dimana tidak ada akses langsung ke data yang diberikan, bahkan tersembunyi. Jika Anda ingin menerima data, harus berinteraksi dengan objek yang bertanggung jawab untuk perawan.

Pada dasarnya, enkapsulasi adalah pemisahan antara swasta dan masyarakat pada suatu objek. Atau, dapat dilihat sebagai pemisahan antara interface (bagian pribadi) dan pelaksanaan (bagian umum). benda lain yang ingin berinteraksi dengan objek ini akan mengirimkan pesan (message) dan objek ini akan mengerjakan sesuatu dan mengirim kembali pesan sebagai respon jika diperlukan.

Keuntungan utama dari enkapsulasi tentu saja merupakan implementasi penyembunyian (implementasi bersembunyi). Dengan penerapan bersembunyi, kita dapat meningkatkan bagaimana objek kita bekerja tanpa harus khawatir tentang bagaimana untuk menginformasikan perubahan ke objek lain. Selama kita tidak mengubah antarmuka benda kami, benda-benda yang lain akan tetap dapat menggunakan benda kita.

BAB III

DISKUSI

3.1 ALIRAN PROGRAM KERJA ADALAH BUATAN

3,2 DISPLAY AKHIR PROGRAM

3.3 DAFTAR PROGRAM PEMBUATAN

Bab IV

FINAL

4.1 KESIMPULAN

Jadi laporan pemrograman output untuk UAS penilaian akhir kita buat, mungkin menjadi pelajaran bagi siapa saja yang membaca dan meminta maaf jika masih banyak kekurangan dalam membuat laporan program ini

4.2 SARAN

Perlu belajar dan menggali potensi Anda sendiri, jangan menyerah dalam melakukan apa-apa.

Bagikan ini:

Seperti ini:

Tinggalkan Balasan

Isi rincian Anda di bawah atau klik ikon untuk login:


Anda berkomentar menggunakan akun Anda WordPress.com.
(/
)


Anda berkomentar menggunakan akun Google Anda.
(/
)


Anda berkomentar menggunakan akun Twitter Anda.
(/
)


Anda berkomentar menggunakan akun Facebook Anda.
(/
)

Menghubungkan ke% s

Beritahu saya komentar baru melalui email.

Beritahu saya tulisan-tulisan baru melalui email.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. .

Cari

Refrensi

Ikuti Kami

Contoh program c++ penjualan dan pembelian - Jasa Website
Contoh program c++ penjualan dan pembelian – Jasa Website

Contoh Program C++ Transaksi Penjualan dan Pembelian Barang - Hardifal
Contoh Program C++ Transaksi Penjualan dan Pembelian Barang – Hardifal

pemrograman c++ – program penjualan sederhana menggunakan array ...
pemrograman c++ – program penjualan sederhana menggunakan array …

Contoh Program Pembelian / Penjualan Sederhana Dengan Java ...
Contoh Program Pembelian / Penjualan Sederhana Dengan Java …

Program Penjualan Tiket Bioskop Menggunakan C++ - TutorialsWB ...
Program Penjualan Tiket Bioskop Menggunakan C++ – TutorialsWB …

Program Pembelian Barang Dan Pencetakan Struk BSI Mart Menggunakan Ba…
Program Pembelian Barang Dan Pencetakan Struk BSI Mart Menggunakan Ba…

Contoh Program Pembelian / Penjualan Sederhana Dengan Java ...
Contoh Program Pembelian / Penjualan Sederhana Dengan Java …

Program sederhana Pembelian Tiket Pesawat dengan C++ | catatan si ...
Program sederhana Pembelian Tiket Pesawat dengan C++ | catatan si …

Pernyataan Nested IF (IF Bersarang) C++, Lengkap Contoh Program ...
Pernyataan Nested IF (IF Bersarang) C++, Lengkap Contoh Program …

Catatan Saya: Program Penjualan Handphone Dengan Borland C++
Catatan Saya: Program Penjualan Handphone Dengan Borland C++

Program Penjualan Menggunakan Pascal - Naga Pena
Program Penjualan Menggunakan Pascal – Naga Pena

Program Menggunakan Bahasa C: Program Menghitung Transaksi Kasir ...
Program Menggunakan Bahasa C: Program Menghitung Transaksi Kasir …

Program Pembelian Barang Dan Pencetakan Struk BSI Mart Menggunakan Ba…
Program Pembelian Barang Dan Pencetakan Struk BSI Mart Menggunakan Ba…

Tugas Logika & Algoritma : Buatlah Program dari Pseudocode ...
Tugas Logika & Algoritma : Buatlah Program dari Pseudocode …

Aplikasi Stok Obat pada Apotik dengan Ms Access 2013 | Acahya Channel
Aplikasi Stok Obat pada Apotik dengan Ms Access 2013 | Acahya Channel

Program C++ Menghitung Total Pembayaran dengan Diskon - Rizka Code
Program C++ Menghitung Total Pembayaran dengan Diskon – Rizka Code

Contoh program c++ penjualan tiket bioskop - Jasa Website
Contoh program c++ penjualan tiket bioskop – Jasa Website

contoh program penjualan dengan php | Toko Buku Skripsi Informatika
contoh program penjualan dengan php | Toko Buku Skripsi Informatika

Cara membuat aplikasi kasir sederhana dengan menggunakan Visual ...
Cara membuat aplikasi kasir sederhana dengan menggunakan Visual …

Contoh Program Penjualan berbasis PHP | Skrip VB – Menjual ...
Contoh Program Penjualan berbasis PHP | Skrip VB – Menjual …

PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO ...
PROSEDUR MELAKUKAN RETUR PEMBELIAN & RETUR PENJUALAN PADA TOKO …

Program Aplikasi Penjualan dan Stok Barang pada TOKO SEPATU ...
Program Aplikasi Penjualan dan Stok Barang pada TOKO SEPATU …

C++ Struct Barang - TutorialsWB | Belajar Bahasa Pemrograman PHP
C++ Struct Barang – TutorialsWB | Belajar Bahasa Pemrograman PHP

Contoh Faktur Penjualan - Software Zahir Accounting
Contoh Faktur Penjualan – Software Zahir Accounting

Program Aplikasi Pemesanan Makanan beserta Diskon di C++ MinGW
Program Aplikasi Pemesanan Makanan beserta Diskon di C++ MinGW

contoh program penjualan dengan php | Toko Buku Skripsi Informatika
contoh program penjualan dengan php | Toko Buku Skripsi Informatika

Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Bahan Baku Bangunan
Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Bahan Baku Bangunan

Program Aplikasi Penjualan dan Stok Barang pada TOKO SEPATU ... Posting pada BIG DATA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *