pengertian domain name

Diposting pada

Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server |
Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server |

Pasang

4 Mei 2020

6 min Baca

Ariata C.

Apa Itu Domain? Memahami Domain untuk Pemula

Jika Anda sedang baru ke dunia website dan hosting, pasti Anda bertanya-tanya, apa itu domain? Pada dasarnya domain atau nama domain diasumsikan sebagai alamat fisik. Misalnya, navigasi satelit membutuhkan nama jalan atau kode pos untuk memesan sistem dapat memberikan arah. Demikian pula, web browser yang memerlukan nama domain untuk membawa Anda atau pengunjung ke situs web.

nama domain terdiri dari dua elemen utama. Misalnya, Facebook.com nama domain yang berisi nama website (Facebook) dan nama domain ekstensi (.com). Pada saat perusahaan (atau individu) untuk membeli nama domain, mereka dapat membuat atau menentukan server sehingga nama domain bisa diarahkan.

dikelola oleh sebuah organisasi yang disebut ICANN (Internet Corporation untuk Ditugaskan Nama dan Nomor). ICANN menentukan ekstensi nama domain yang tersedia dan memelihara database untuk tetap fokus pada di mana nama domain lead.

Setiap situs web Anda pergi ke terdiri dari dua unsur utama: nama domain dan web server.

Fill

Bagaimana domain Apakah?

nama domain seperti shortcut yang akan membawa kita ke server yang mengonlinekan website Anda.

Tanpa nama domain, orang akan memasukkan alamat IP untuk mengakses dan membuka website Anda. Namun, alamat IP sangat panjang dan sulit untuk mengingat atau tidak efektif jika Anda ingin beriklan.

Sebagai contoh, Hostinger.co.id adalah nama domain. Anggap saja alamat IP kita 100.90.80.70. Alamat IP menunjuk ke server tetapi jika pengunjung situs ingin menggunakannya. alamat tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan website. Ketika mencoba untuk menyelesaikan alamat website IP, server remote harus menggunakan port 80 secara default (misalnya, index.html) disimpan di direktori aplikasi web.

Seperti yang Anda tahu, menyalahgunakan server default dan alamat IP akan membuat Anda bingung dan membuang-buang waktu. Karena itu, sebagian besar pemilik situs memilih untuk menggunakan penyedia layanan, seperti, yang menawarkan paket dibundel, domain yaitu gratis jika Anda membeli untuk satu tahun atau lebih.

Domain juga dapat menggunakan redirect atau pengalihan umumnya memungkinkan Anda untuk menentukan apakah dengan mengakses domain Anda, pengunjung secara otomatis diarahkan ke situs lain. Metode ini sangat berguna untuk kampanye dan microsites atau untuk pengunjung redirect ke halaman arahan khusus di situs Anda. opsi pengalihan (redirect) juga merupakan pilihan terbaik untuk menghindari menulis domain kesalahan. Misalnya, Anda ingin membuka. Alih-alih mengetik alamat yang benar, Anda malah harus masuk www.fb.com. Karena ada pilihan untuk redirect, Anda akan diarahkan ke situs resmi, yang www.facebook.com.

Jenis-jenis Domain

Tidak semua nama domain mengikuti rumus dan aturan yang sama. Meskipun domain .com yang paling banyak digunakan, sekitar 46,5% dari website global, ada domain lain yang Anda dapat memilih, seperti .org dan .net. Berikut adalah beberapa jenis dari domain yang paling banyak digunakan:

TLD: Top Level Domain

Seperti namanya, jenis ini nama domain adalah tingkat atas sistem nama domain di internet. Ada ribuan TLD yang dapat Anda gunakan tetapi yang paling banyak digunakan termasuk .com, .org, .net, dan .edu.

daftar TLD resmi dikelola oleh sebuah organisasi bernama Internet Assigned Numbers Authority (IANA) dan Anda dapat melihat. IANA mencatat bahwa daftar TLD juga mencakup ccTLD dan gTLD, yang akan dibahas segera.

ccTLD ke County Kode Top Level Domain

ccTLD berisi domain yang hanya terdiri dari dua huruf dan didasarkan kode negara internasional misalnya .us untuk Amerika Serikat dan .jp untuk Jepang. CcTLD biasanya digunakan oleh perusahaan yang membuat situs khusus untuk daerah tertentu. Domain ditampilkan sebagai ‘sinyal’ bahwa sebuah situs terletak di suatu negara atau wilayah yang ditargetkan.

gTLD: Generic Top Level Domain

Pada dasarnya, gTLD adalah TLD yang tidak menggunakan kode negara. Kebanyakan gTLD ditujukan untuk penggunaan situs web tertentu, seperti .edu untuk website lembaga pendidikan. Sampai di sini, Anda harus memahami bahwa Anda tidak perlu memenuhi persyaratan tertentu untuk mendaftarkan gTLD. sebagaMisalnya i, .com tidak selalu bertujuan utuk situs web komersial.

Contoh lain dari penggunaan gTLD adalah .mil (militer), .gov (pemerintah), .org (lembaga nirlaba dan organisasi), dan .net yang awalnya dibuat sebagai nama domain untuk internet penyedia layanan (ISP), tetapi sekarang dapat digunakan dalam bidang apapun.

jenis nama domain lain

Kami telah menyebutkan jenis nama domain yang sering digunakan, Sekarang kita akan memperkenalkan variasi lain yang dapat Anda gunakan:

Second level domain

Mungkin Anda sudah pernah melihat atau tahu nama domain jenis ini sebelumnya. Kali ini, kita akan membahas tentang domain yang segera setelah nama domain tingkat atas. Anda perlu tahu, di sini kita tidak akan membahas istilah teknis. Kami akan menjelaskan topik ini melalui contoh-contoh yang lebih mudah dimengerti, terutama ketika berkaitan terutama untuk kode negara.

Sebagai contoh, bukan .com, perusahaan di Inggris akan menggunakan .co.uk. Berikut ini adalah contoh dari penggunaan domain tingkat kedua. Sebagai contoh lain, .gov.uk biasanya digunakan oleh lembaga pemerintah dan .ac.uk digunakan oleh institusi akademik dan universitas.

subdomain

Sebuah subdomain tidak memerlukan webmaster untuk membeli nama domain tambahan jika ingin menambah divisi di situs mereka. Webmaster sekarang dapat membuat subdomain yang dapat diarahkan ke direktori tertentu pada server. Sebuah subdomain adalah yang terbaik situs kampanye pilihan utuk dan jenis lain dari konten web harus dibuat terpisah dari halaman utama atau homepage.

Sebagai contoh, Facebook menggunakan developers.facebook.com untuk memberikan informasi spesifik tentang pengembang web dan pengembang aplikasi yang ingin menggunakan Facebook API. Contoh lain adalah support.google.com.

Cara Daftar Domain

Masing-masing penyedia layanan hosting menggunakan sistem yang berbeda, dan proses pendaftaran domain tergantung pada penyedia.

Untuk mendaftarkan nama domain, langkah pertama biasanya dilakukan adalah untuk memeriksa ketersediaan nama domain dalam. Kebanyakan penyedia nama domain akan memungkinkan Anda untuk mengetik atau memasukkan nama domain yang diinginkan, kemudian memeriksa ketersediaan. Di Hostinger, kami juga menyediakan pilihan nama domain lain jika nama domain yang Anda inginkan sudah digunakan oleh pengguna lain.

Setelah itu, Anda hanya perlu menyelesaikan langkah-langkah dengan mengklik Checkout Sekarang dan melakukan pembayaran untuk nama domain yang dipilih. Setelah nama domain yang dibeli dan terdaftar, Anda akan memiliki akses untuk mengelola panel kontrol telah dilengkapi dengan semua alat manajemen yang dibutuhkan.

Cara Transfer Domain

Nama domain juga dapat ditransfer dari registrar yang registrar lain. Namun, Anda harus perhatikan persyaratan berikut untuk menjalankan proses transfer domain mudah:

tidak diperlukan. Hanya, akan lebih mudah jika Anda memiliki web hosting dan domain dalam satu layanan.

Dalam Hostinger, metode transfer domain dapat dilakukan dari registrar manapun. Proses itu sendiri berlangsung selama 4-7 hari. Jangan khawatir, jika Anda tidak tahu persis bagaimana transfer domain, dukungan tim kami akan siap membantu Anda!

Memahami Domain dan Hosting serta perbedaan

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, domain nama disamakan dengan alamat fisik, sementara web hosting adalah tempat fisik, dan semua konten disimpan di situs.

nama domain yang digunakan untuk membuat shortcut yang mudah untuk nge-link diketik oleh pengunjung situs di kolom pencarian dengan server yang mengonlinekan situs yang ditargetkan. Nama domain seluruhnya dalam bentuk digital dan disimpan dalam database terpusat.

Sementara itu, tuan sedikit berbeda dari nama domain karena memerlukan server fisik di mana saja di dunia dan connect ke internet. Server umumnya seperti hard drive komputer yang menyimpan semua file dan database website. Dikenal sebagai server penyimpanan ‘melayani (serve)’ situs untuk pengunjung ke situs.

Ketika Anda mengetik di URL (misalnya, www.hostinger.co.id) ke web browser, browser mengirimkan permintaan ke server tertentu di mana file website Anda dan data yang tersimpan. Server kemudian meng-upload file dan mengirimkannya ke internet, dan kemudian ditampilkan ke perangkat yang Anda gunakan untuk mengakses website.

Jadi, Apa ItuDomain?

Dalam dunia web hosting, nama domain disamakan dengan alamat bangunan. Berikut adalah beberapa hal yang berkaitan dengan pemahaman domain yang Anda harus tahu:

Artikel Nama Domain Terkait

Ingin tahu lebih banyak tentang website, domain, dan web hosting? Berikut adalah beberapa artikel yang Anda dapat membaca:

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda sudah tahu apa domain dan bagaimana domain kerja. Selain itu, Anda juga harus mempelajari dasar-dasar bagaimana proses transfer domain dan pendaftaran.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang nama domain, menulis di komentar di bawah!

Penulis

Ariata C. /

Ariata suka menulis dan menerjemahkan, dan saat ini bekerja sebagai penerjemah di Hostinger Indonesia. Melalui artikel dan tutorial dipublikasikan di blog Hostinger, Ariata ingin berbagi pengetahuan tentang website, WordPress, dan hal-hal yang terkait dengan hosting pembaca lainnya.

Tutorial pemilihan

Agustus 1 •

7 Des •

6 Des •

Tutorial terkait

20 Apr •

18 Sep •

25 Jun •

Anisa Febiola irfansah

20 Mei 2020

halo saya anisa pengguna baru saya ingin mencba membeli domain tapi saya ingin bertanya setelah bentuk pembayaran diterima dalam bentuk apa yang ada dalam akun Anda seperti blog atau bagaimana. dan apakah nama domain dapat diubah namanya.? sejak saya pertama kali mencoba saya tidak tahu bagaimana kelanjutan setelah pembayaran domain

Ariata C.

Jawab pada 25 Mei 2020

Hello kak , untuk nama domain, akan sangat berisiko jika direname atau berganti nama setelah proses registrasi. Perubahan sedikit banyak akan mempengaruhi kinerja website. Jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang hosting dan domain produk yang kita miliki, bisa langsung menghubungi tim dukungan melalui email di support@hostinger.co.id. Kami akan menjawab secepat adik mungkin. Terima kasih 🙂

Jenis balasan

Komentar *

Nama

Email

Dengan mengisi formulir ini , Anda setuju bahwa data Anda akan disimpan dan dikelola oleh Hostinger. *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. .

Jadilah bagian dari Hostinger!

Jadilah bagian dari Hostinger!

Hostinger adalah pelopor penyedia web hosting yang dirancang untuk orang yang ingin mendapatkan kualitas hosting murah dengan berbagai fitur premium murah.

© 2004-2020 hostinger.co.id – web Premium Hosting, Cloud Services, VPS, dan Registrasi Domain.

Harga belum termasuk PPN

Understanding the site, web hosting and domain name ...
Understanding the site, web hosting and domain name …

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Domain Name Server (DNS) - Culun Blog
Pengertian, Fungsi Dan Contoh Domain Name Server (DNS) – Culun Blog

Pengertian DOMAIN Adalah : Fungsi & Contoh Domain (Lengkap)
Pengertian DOMAIN Adalah : Fungsi & Contoh Domain (Lengkap)

PENGERTIAN DOMAIN & HOSTING - ppt download
PENGERTIAN DOMAIN & HOSTING – ppt download

Pengertian Domain Name - Fiturmedia.com
Pengertian Domain Name – Fiturmedia.com

Pengertian Domain, Manfaat, dan Contohnya Pada Website – BootUP ...
Pengertian Domain, Manfaat, dan Contohnya Pada Website – BootUP …

What is Amazon Route 53?
What is Amazon Route 53?

Apa Itu Domain? Pengertian Domain bagi Pemula
Apa Itu Domain? Pengertian Domain bagi Pemula

Pengertian Domain dan Hosting | IT-Jurnal.com
Pengertian Domain dan Hosting | IT-Jurnal.com

Pengertian URL dan Domain Name system Dalam Internet. LENGKAP ...
Pengertian URL dan Domain Name system Dalam Internet. LENGKAP …

Pengertian Domain, Fungsi Domain dan Jenis-Jenis Domain ...
Pengertian Domain, Fungsi Domain dan Jenis-Jenis Domain …

Apa Itu Domain? Pengertian Domain Terbaru 2020 - Projasaweb
Apa Itu Domain? Pengertian Domain Terbaru 2020 – Projasaweb

Domain Name vs. Web Hosting - What's the Difference? (Explained)
Domain Name vs. Web Hosting – What’s the Difference? (Explained)

Pengertian DNS (Domain Name System) | rifanbukhori1
Pengertian DNS (Domain Name System) | rifanbukhori1

Fully qualified domain name - Wikipedia
Fully qualified domain name – Wikipedia

Understanding the site, web hosting and domain name ...
Understanding the site, web hosting and domain name …

Pengertian Domain Name System (DNS) Dan Jenis Catatannya | blog
Pengertian Domain Name System (DNS) Dan Jenis Catatannya | blog

cakrawala pendidikan: pengertian URL, Domain Name, Website ...
cakrawala pendidikan: pengertian URL, Domain Name, Website …

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Definisi Domain Name Service ...
Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Definisi Domain Name Service …

Apa itu Domain? Kenali, Domain Adalah Hal Penting! | Blog Dewaweb
Apa itu Domain? Kenali, Domain Adalah Hal Penting! | Blog Dewaweb

Pengertian Fungsi Jenis dan Contoh dari Domain Name
Pengertian Fungsi Jenis dan Contoh dari Domain Name

Pengertian dan fungsi DNS (Domain Name System) - Tutorial Komputer
Pengertian dan fungsi DNS (Domain Name System) – Tutorial Komputer

Pengertian Domain Hosting & Website
Pengertian Domain Hosting & Website

Pengertian DNS, Struktur, Hirarki, Fungsi, Cara Kerja & Dampak
Pengertian DNS, Struktur, Hirarki, Fungsi, Cara Kerja & Dampak

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS - BLOG IDwebhost
Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja DNS – BLOG IDwebhost

Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server |
Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) Server |

Apa itu domain ? Pengertian domain | Server komputer, Desain
Apa itu domain ? Pengertian domain | Server komputer, Desain

Pengertian Domain - Khairul Diary
Pengertian Domain – Khairul Diary

Apa Itu DNS? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
Apa Itu DNS? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Mengenal Apa itu Pengertian DNS - Kamus Hosting IDCloudHost
Mengenal Apa itu Pengertian DNS – Kamus Hosting IDCloudHost

Pengertian domain name dan cara kerjanya
Pengertian domain name dan cara kerjanya

Pengertian dan Fungsi DNS Server - BLOG IDwebhost
Pengertian dan Fungsi DNS Server – BLOG IDwebhost

Pengertian Domain | Kaia Media
Pengertian Domain | Kaia Media

pengertian domain name Archives - Blog bikin.website
pengertian domain name Archives – Blog bikin.website

Pengertian Domain: Cara Kerja, Jenis dan Daftar Internet Domain ...
Pengertian Domain: Cara Kerja, Jenis dan Daftar Internet Domain …

Pengertian DNS : Fungsi, Perinsip Dasar dan Cara Kerjanya
Pengertian DNS : Fungsi, Perinsip Dasar dan Cara Kerjanya

Web Hosting - Pengertian Website, Domain Name Serta Web Hosting
Web Hosting – Pengertian Website, Domain Name Serta Web Hosting

Pengertian Domain dan Fungsinya Untuk Blog / Website | Jasa ...
Pengertian Domain dan Fungsinya Untuk Blog / Website | Jasa …

Pengertian Host Name dan Domain Name | Beuget
Pengertian Host Name dan Domain Name | Beuget

Pengertian dan Cara Kerja DNS (Domain Name System) - Manglada Tech
Pengertian dan Cara Kerja DNS (Domain Name System) – Manglada Tech

Pengertian Domain Name System (DNS) dalam Website
Pengertian Domain Name System (DNS) dalam Website

Apa sih Domain Itu? Fungsi dan Pengertian Domain | Jasa SEO Web ...
Apa sih Domain Itu? Fungsi dan Pengertian Domain | Jasa SEO Web …

Apa Itu Pengertian Domain Name - Article - Plimbi Social ...
Apa Itu Pengertian Domain Name – Article – Plimbi Social …

Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Hirarki dari DNS
Pengertian, Cara Kerja, Fungsi dan Hirarki dari DNS

domain name — Mous Media
domain name — Mous Media

pengertian domain name service » Potensi Kita
pengertian domain name service » Potensi Kita

Pengertian Ekstensi Domain Beserta Fungsinya | IDCloudHost
Pengertian Ekstensi Domain Beserta Fungsinya | IDCloudHost

Apa itu Domain ? (domain name) – S2PHost
Apa itu Domain ? (domain name) – S2PHost

Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) - Indoworx
Pengertian dan Fungsi Domain Name System (DNS) – Indoworx

Pengertian DNS (Domain Name System) Lengkap beserta Fungsi Cara ...
Pengertian DNS (Domain Name System) Lengkap beserta Fungsi Cara …

Pengertian Domain Name | Blog's VillageHoster
Pengertian Domain Name | Blog’s VillageHoster

Mengenal Pengertian Domain Name Server dan Cara Kerjanya - Gabriel Dwi
Mengenal Pengertian Domain Name Server dan Cara Kerjanya – Gabriel Dwi

Pengertian Domain dan Kegunaannya | Aripratama.com
Pengertian Domain dan Kegunaannya | Aripratama.com

Pengertian Redemption Period Domain Name
Pengertian Redemption Period Domain Name

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *