pengertian sel dan contohnya

Diposting pada

Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian
Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian

Telepon (biologi)

Dalam, sel yang paling sederhana adalah koleksi yang dapat dan merupakan unit penyusun semua. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan untuk mempertahankan hidup sebagian besar terjadi dalam sel. Kebanyakan makhluk hidup tersusun dari sel tunggal, atau disebut, misalnya, dan. makhluk hidup lainnya, termasuk ,, dan, terdiri dari banyak jenis sel khusus dengan fungsi masing-masing. Tubuh manusia, misalnya, terdiri dari lebih dari 1013 sel. Namun, seluruh tubuh semua organisme berasal dari satu sel. Sebagai contoh, tubuh bakteri berasal dari induk pembelahan sel bakteri, sedangkan tubuh berasal dari divisi induknya dibuahi.

sel

Sel-sel dari organisme multiseluler tidak akan bertahan lama jika masing-masing berdiri sendiri. Dikelompokkan ke dalam sel yang sama, yang membangun dan kemudian yang membentuk tubuh organisme. Sebagai contoh, sel-sel otot jantung membentuk jaringan di organ yang merupakan bagian dari sistem organ dalam tubuh manusia. Sementara itu, sel itu sendiri terdiri dari komponen yang disebut.

Sel adalah bakteri terkecil yang dikenal manusia dengan diameter 0,0001-0,001, sedangkan salah satu sel tunggal yang bisa dilihat dengan mata telanjang adalah telur yang tidak dibuahi. Namun, sebagian besar dari diameter sel antara 1 dan 100 (0,001-0,1 mm) sehingga hanya dapat dilihat dengan. Penemuan dan penilaian awal sel untuk membuat kemajuan sejalan dengan penemuan dan penyempurnaan dari mikroskop. pertama kali dijelaskan dan dinamai sel pada tahun 1665 ketika ia mengamati irisan gabus (kulit kayu) dengan mikroskop yang memiliki perbesaran 30 kali. Namun, sebagai teori sel unit dirumuskan kehidupan baru hampir dua abad setelah itu oleh dan. Selanjutnya, sel-sel yang dipelajari dalam cabang biologi yang disebut.

Isi

Sejarah [| ]

The awal penemuan [| ]

senyawa dengan dua telah ditemukan di akhir dan selanjutnya dikembangkan di ,, dan. Sampai pertengahan mikroskop memiliki kemampuan perbesaran gambar hingga 30 kali. Ilmuwan Inggris kemudian merancang mikroskop majemuk yang memiliki sumber cahaya sendiri sehingga lebih mudah untuk digunakan. Dia mengamati bagian tipis melalui mikroskop dan menjabarkan struktur mikroskopis dari gabus sebagai “sarang lebah porous tapi tidak teratur pori-pori” dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 1665. Hooke disebut pori-pori yang mirip dengan sel-sel untuk sel (bilik kecil) di atau. Yang sebenarnya dilihat oleh Hooke kosong sekitarnya sel-sel mati pada gabus berasal dari kulit pohon. Hal itu juga mengamati bahwa pada tumbuhan hijau adalah sel-sel yang mengandung cairan.

Pada saat yang sama ,, kain, menciptakan lensa mereka sendiri mikroskop dan menggunakannya untuk mengamati berbagai hal. Dia berhasil melihat, satu-bersel, dan bahkan. Pada 1673 ia mulai mengirim surat merinci kegiatan untuk, asosiasi ilmiah, yang kemudian diterbitkan. Dalam salah satu suratnya, Leeuwenhoek menggambarkan sesuatu yang bergerak dalam diamati di bawah mikroskop. Dia menyebutnya diertjen atau dierken (: ‘hewan kecil’, diterjemahkan sebagai binatang yg di oleh Royal Society), yang diyakini sebagai bakteri oleh para ilmuwan modern.

Dalam 1675-1679, para ilmuwan menggambarkan unit konstituen dari tanaman yang disebut utrikulus ( ‘tas kecil’). Menurut pengamatannya, masing-masing rongga diisi dengan cairan dan dikelilingi oleh tembok yang kokoh. Inggris juga menjabarkan sel tumbuhan dalam artikel yang diterbitkan pada 1682, dan ia berhasil mengamati banyak struktur hijau kecil di sel-sel daun tanaman, yaitu.

teori sel [| ]

Beberapa ilmuwan di abad ke-18 dan awal abad ke-19 telah berspekulasi atau mengamati itu dan terdiri dari sel-sel, tetapi masih diperdebatkan pada saat itu. Pada tahun 1838, para ahli mengklaim bahwa semua terdiri dari sel-sel dan bahwa semua aspek fungsi tubuh tumbuhan pada dasarnya merupakan manifestasi dari aktivitas sel. Ia juga menyatakan pentingnya (ditemukan tahun 1831) dalam fungsi dan sel formasi, tapi ia keliru mengira bahwa sel terbentuk dari nukleus. Pada tahun 1839, setelah berdiskusi dengan Schleiden yang menyadari bahwa ia telah mengamati inti sel hewan sebagai Schleiden dipelajari pTidak ada tanaman, menunjukkan bahwa semua bagian tubuh juga terdiri dari sel-sel. Menurut dia, prinsip universal pembentukan berbagai bagian tubuh semua organisme adalah pembentukan sel.

Ilmuwan lain yang kemudian merinci dikenal sebagai teori sel dalam bentuk modern adalah. Pada awalnya ia setuju dengan Schleiden pada pembentukan sel. Namun, pengamatan mikroskopis pada berbagai proses patologis membuatnya menyimpulkan hal yang sama yang telah disimpulkan oleh dari pengamatan dan, bahwa sel-sel yang berasal dari sel lain melalui. Pada tahun 1855, Virchow mempublikasikan kertas yang berisi moto terkenal, Omnis cellula e cellula (semua sel berasal dari sel).

Perkembangan biologi sel [| ]

Antara 1875 dan 1895, ada berbagai penemuan tentang fenomena dasar selular, seperti ,, dan, serta berbagai penting, seperti ,, dan. Maka lahirlah lapangan bahwa penelitian sel, yang kemudian disebut.

Perkembangan teknik-teknik baru, terutama dan, memungkinkan sitologi dan melahirkan bidang baru yang disebut. Pada tahun 1960, asosiasi ilmiah yang didirikan pada, dan tidak lama kemudian, jurnal Journal ilmiah Biokimia dan Biofisika Sitologi berganti nama. Pada akhir 1960-an, biologi sel telah menjadi disiplin mapan, dengan asosiasi sendiri dan publikasi ilmiah serta misi adalah mekanisme fungsi organel sel.

Struktur [| ]

Semua sel dibatasi oleh membran plasma disebut, sementara wilayah dalam sel disebut. Setiap sel, pada tahap tertentu dalam hidupnya, mengandung bahan yang dapat diwariskan dan mengarahkan aktivitas sel. Selain itu, semua sel memiliki struktur yang disebut fungsi dalam pembuatan yang akan digunakan sebagai reaksi kimia dalam sel.

Masing-masing terdiri dari salah satu dari dua jenis sel dalam struktur berbeda: sel atau sel. Kedua jenis sel dibedakan berdasarkan posisi dalam sel; Sebagian besar DNA pada eukariota terselubung atau membran organel yang disebut nukleus, sedangkan prokariota tidak memiliki inti. Saja dan yang memiliki sel prokariotik, sementara ,,, dan memiliki sel eukariotik.

Sel prokariota [| ]

Dalam sel (dari, pro, ‘sebelum’ dan karyon, ‘biji’), ada membran yang memisahkan dari sel-sel lain, dan daerah tempat DNA terkonsentrasi di sitoplasma disebut nucleoid. Kebanyakan prokariota adalah dengan sel berukuran kecil (diameter 0,7-2,0 um dan volume sekitar 1 μm3) dan umumnya terdiri dari sel selubung, membran sel, sitoplasma, nucleoid, dan beberapa struktur lain.

Hampir semua sel eukariotik memiliki casing sel di luar membran sel. Jika casing mengandung lapisan yang terbuat dari kaku atau kompleks karbohidrat-protein, itu disebut sebagai lapisan. Kebanyakan memiliki membran luar yang menutupi lapisan peptidoglikan, dan beberapa bakteri memiliki selubung sel. Sementara itu, sebagian besar protein berbasis sel selubung, meskipun beberapa terbuat dari peptidoglikan. selubung sel prokariotik mencegah pecahnya sel karena lingkungan lebih rendah dari isi sel.

Beberapa prokariota memiliki struktur lain di luar casing sel. Banyak jenis bakteri memiliki lapisan dinding sel luar yang disebut kapsul yang memungkinkan sel-sel bakteri melekat pada permukaan benda dan sel-sel lainnya. Kapsul juga dapat membantu menghindari sel-sel bakteri dari jenis sel manusia yang spesifik. Selain itu, sejumlah bakteri berpegang pada permukaan obyek dan sel lain dengan protein yang disebut benang (jamak: pili) dan fimbria (jamak: fimbriae). Banyak jenis bakteri bergerak menggunakan (jamak: flagela) yang melekat pada dinding sel dan berputar seperti sepeda motor.

Prokariota umumnya memiliki satu molekul DNA dengan struktur cincin yang terkonsentrasi di nucleoid. Selain itu, prokariota sering juga memiliki tambahan genetik bahan yang disebut struktur DNA yang juga lingkar. Secara umum, plasmid tidak dibutuhkan oleh sel untuk pertumbuhan meskipun sering plasmid membawa gen tertentu yang memberikan keuntungan tambahan dalam keadaan tertentu, misalnya terhadap.

Prokariota juga memiliki sejumlah struktural yang disebut, yang awalnya dianggap hanya ada di. Protein kerangka mengatur dan menentukan peran bentuk sel.

Cells eukariota [| ]

Tidak seperti sel-sel (, eu, ‘sebenarnya’ dan karyon) memiliki. Diameter sel eukariotik biasanya 10 sampai 100 pM, sepuluh kali lebih besar dari itu. eukariota adalah daerah antara inti dan. sitoplasma terdiri dari media semicair disebut, di mana ada bentuk dan fungsi khusus dan sebagian besar dimiliki oleh prokariota. Kebanyakan organel dibatasi oleh membran ganda, tetapi ada juga dibatasi oleh dua membran, seperti nukleus.

Selain nukleus, sejumlah organel lain dimiliki hampir semua sel eukariotik, yaitu (1), di mana sebagian besar sel energi terjadi; (2), sintesis jaringan membran dan tempat; (3), yang mengarahkan sel-sel hasil sintesis ke tujuan mereka; dan (4), di mana perbaikan dan. , Yang menguraikan komponen sel yang rusak dan benda asing dimasukkan oleh sel, ditemukan pada sel, tetapi tidak dalam sel. , Tempat kejadian, hanya ditemukan di sel-sel tertentu dari tanaman dan nomor. Tak satu pun dari sel tumbuhan dan beberapa eukariota uniseluler memiliki satu atau lebih, yaitu organel tempat untuk menyimpan nutrisi dan limbah serta adegan dari sejumlah reaksi dekomposisi.

Jaringan serat protein mempertahankan bentuk sel dan mengontrol pergerakan struktur dalam sel eukariotik. , Yang hanya ditemukan pada sel hewan di dekat nukleus, juga terbuat dari sitoskeleton.

kaku, terbuat dari dan yang lainnya, sekitar sel-sel tumbuhan dan membuatnya kuat dan tangguh. juga memiliki dinding sel, tetapi komposisi berbeda dari dinding sel bakteri dan tanaman. Di antara dinding sel tanaman yang berdekatan dengan saluran yang disebut.

subselular komponen [| ]

Membran [| ]

yang membatasi sel yang disebut membran plasma dan bertindak sebagai hambatan selektif yang memungkinkan aliran, nutrisi, dan limbah yang cukup untuk melayani seluruh volume sel. Membran sel juga berperan dalam sintesis ,, dan.

sel membran membentuk lapisan sangat tipis yang terbentuk dari molekul dan. Membran sel bersifat dinamis dan sebagian besar molekul dapat bergerak sepanjang bidang membran. molekul lipid membran tersusun dalam dua lapisan dengan ketebalan sekitar 5 adalah penghalang bagi kebanyakan molekul. molekul protein yang menembus peran lipid bilayer di hampir semua fungsi lain dari membran, misalnya, membawa molekul tertentu melintasi membran. Ada juga protein struktural yang kait ke sel lain, atau ke mana mendeteksi dan mendistribusikan sinyal kimia dalam sel. Diperkirakan bahwa sekitar 30% dari protein yang dapat disintesis sel hewan merupakan protein membran.

Inti [| ]

berisi sebagian besar sel kontrol (sebagian besar gen lain yang terletak di dan). Dengan diameter rata-rata 5 m, umumnya adalah organel yang paling mencolok dalam sel eukariotik. Kebanyakan sel memiliki satu inti, tetapi ada juga memiliki banyak inti, misalnya, sel, dan beberapa yang tidak memiliki inti, misalnya hilangnya matang ketika tumbuh inti.

selubung yang mengelilingi inti nukleus dan memisahkan konten (disebut nukleoplasma) di. Selubung ini terdiri dari dua masing-masing lapisan ganda lipid dengan protein terkait. membran dalam dan luar amplop nuklir dipisahkan oleh ruang sekitar 20-40 nm. Amplop nuklir memiliki diameter pori sekitar 100 nm dan pada bibir setiap pori, kedua membran dari amplop nuklir bersama-sama.

Di dalam inti, bersama dengan yang terorganisir. Ketika sel-sel siap, ikal benang kromatin berbentuk kusut, cukup tebal untuk dibedakan dengan struktur terpisah yang disebut.

Struktur yang berdiri di dalam inti sel yang tidak membagi adalah, yang mana sejumlah komponen yang disintesis dan dirakit. Komponen-komponen ini kemudian dilewatkan melalui pori-pori nuklir ke dalam sitoplasma, di mana semuanya digabung menjadi ribosom. Kadang-kadang ada lebih dari satu nukleolus, tergantung pada sel dan tahap reproduksi.

nukleus mengedalikan dalam sitoplasma dengan mengirimkan molekul kurir dalam bentuk, yaitu, bahwa dengan “pesan” pada. RNA ini kemudian dilepaskan ke sitoplasma melalui pori nuklir dan melekat pada ribosom, di mana pesan genetik menjadi urutan protein disintesis.

Ribosom [| ]

adalah di mana sel membuat. Sel dengan kecepatan tinggi memiliki banyak ribosom, misalnya, sel-sel manusia yang memiliki beberapa juta ribosom. Ribosom sendiri terdiri dari berbagai jenis protein dan beberapa molekul.

Ribosom lebih besar dari ribosom, tetapi keduanya sangat mirip dalam hal struktur dan fungsi. Kedua terdiri dari satu subunit besar dan satu subunit kecil yang bergabung untuk membentuk ribosom lengkap dengan massa beberapa juta.

Pada eukariota, ribosom dapat ditemukan bebas atau melekat ke luar. Sebagian besar protein yang diproduksi ribosom bebas akan berfungsi di dalam sitosol, sementara ribosom terikat membuat protein umumnya ditujukan untuk dimasukkan ke dalam, untuk dibungkus dalam organel tertentu seperti, atau untuk dikirim keluar dari sel. ribosom bebas dan terikat memiliki struktur identik dan dapat bertukar tempat. Sel dapat menyesuaikan jumlah relatif masing-masing ribosom begitu metabolik berubah.

endomembran sistem [| ]

Berbagai dalam sel adalah bagian dari sistem endomembran. membran ini terhubung melalui koneksi fisik langsung atau melalui membran dalam bentuk antarsegmen Transfer (bubble dibungkus membran) kecil. sistem endomembran termasuk amplop nuklir ,,,, berbagai jenis, dan membran plasma. Sistem ini memiliki berbagai fungsi, termasuk dan modifikasi protein dan protein transportasi ke membran atau keluar dari sel, sintesis, dan menetralkan beberapa jenis.

endoplasma retikulum [| ]

merupakan perpanjangan dari amplop nuklir yang terdiri dari jaringan ( ‘bersih kecil’ retikulum =) saluran dan saling berhubungan. Ada dua bentuk dari retikulum endoplasma, retikulum endoplasma kasar dan halus retikulum endoplasma.

kasar retikulum endoplasma disebut demikian karena permukaan terpasang banyak. Ribosom mensintesis protein yang memulai dengan tujuan tertentu, seperti organel atau membran tertentu, akan melekat pada retikulum endoplasma kasar. Protein terbentuk akan terdorong ke dalam lumen bagian dalam retikulum endoplasma yang disebut. Dalam lumen, protein ini menjalani lipat dan dimodifikasi, misalnya dengan menambahkan ke form. protein tersebut kemudian dipindahkan ke bagian lain dari sel-sel di luar membengkak kecil dari retikulum endoplasma, dan bergabung dengan organel yang bertindak lebih lanjut dalam modifikasi dan distribusi. Kebanyakan protein menuju ke, yang akan mengemas dan memilahnya untuk pengiriman ke tujuan akhir mereka.

kelancaran retikulum endoplasma memiliki ribosom di permukaannya. Kelancaran fungsi retikulum endoplasma, misalnya, dalam sintesis komponen membran sel. Dalam jenis sel tertentu, seperti sel-sel, menghaluskan membran retikulum endoplasma yang berisi perubahan, dan produk sampingan beracun dari sel menjadi senyawa yang kurang beracun atau lebih mudah dikeluarkan tubuh.

Golgi Apparatus [| ]

(dinamai penemunya,) terdiri dari tumpukan kantong datar yang disebut waduk. Biasanya ada 3-8 sumur-sumur, tetapi ada sejumlah organisme lain dengan aparat Golgi, dengan puluhan tangki air. Jumlah dan ukuran badan Golgi bergantung pada jenis dan aktivitas sel. Sel yang aktif dapat memiliki ratusan badan Golgi. organel ini biasanya terletak di antara dan membran plasma.

Golgi sisi tubuh yang paling dekat dengan apa yang disebut sisi cis, sementara sisi yang jauh dari inti disebut sisi trans. Ketika tiba di sisi cis, dimasukkan ke dalam lumen tangki air. Dalam lumen, protein tersebut dimodifikasi, misalnya dengan menambahkan, ditandai dengan spidol kimia, dan diurutkan sehingga nantinya dapat dikirim ke tujuan mereka.

Golgi Apparatus mengatur pergerakan berbagai jenis protein; Tidak ada disekresikan dari sel, ada yang digabungkan ke membran plasma sebagai protein transmembran, dan beberapa ditempatkan di dalam. Protein disekresikan dari sel diangkut ke membran plasma di sekresi, yang melepaskan isinya dengan bergabung dengan membran plasma dalam proses. Proses sebaliknya, dapat terjadi ketika membran plasma dilubangi ke dalam sel dan membentuk vesikel endositosis dibawa ke aparatus Golgi atau di tempat lain, seperti lisosom.

lisosom [| ]

dalam sel yang berisi lebih dari 30 jenis hidrolitik untuk menguraikan berbagai molekul kompleks. reuse sel subunit molekul yang sudah dijelaskan lisosombahwa. Tergantung pada substansi itu menjelaskan, lisosom dapat memiliki berbagai ukuran dan bentuk. organel ini dibentuk sebagai vesikel melarikan diri.

Lisosom terurai molekul makanan ke dalam sel melalui ketika vesikel endositosis bergabung dengan lisosom. Dalam proses yang disebut, lisosom mencerna yang tidak berfungsi dengan baik. Lisosom juga berperan dalam proses membuat sejumlah jenis sel untuk menelan atau fragmen sel lain yang akan dijelaskan. Contoh sel yang melakukan fagositosis adalah jenis yang disebut, yang memainkan peran penting dalam.

vakuola [| ]

Sebagian besar fungsi yang dilakukan oleh sel-sel di dalam sel. vakuola, yang merupakan bagian dari sistem endomembran, disebut tonoplas. vakuola Vacuolum berasal dari kata yang berarti ‘kosong’ dan diberi nama seperti itu karena tidak memiliki struktur internal. Vakuola umumnya lebih besar dari, dan kadang-kadang terbentuk dari kombinasi dari banyak vesikel.

Sel tumbuhan muda kecil dan mengandung banyak vakuola kecil yang kemudian bergabung untuk membentuk sebuah vakuola pusat seperti yang Anda menambahnya. Ukuran sel tumbuhan diperbesar dengan menambahkan air ke vakuola sentral. Vakuola sentral juga mengandung cadangan makanan, dan sisa metabolisme. Zat yang beracun untuk juga dapat disimpan dalam vakuola sebagai mekanisme pertahanan. Vakuola juga memainkan peran penting dalam menjaga tanaman.

vakuola memiliki banyak fungsi lain dan juga dapat ditemukan pada sel hewan dan uniseluler. Sebagian besar memiliki vakuola makanan, yang bergabung dengan lisosom bahwa makanan di dalamnya dapat dicerna. Beberapa jenis protozoa juga memiliki vakuola kontraktil, yang mengeluarkan kelebihan air dari sel.

Mitokondria [| ]

Kebanyakan sel mengandung banyak, yang menempati sampai 25 persen volume. Ini termasuk organel utama, umumnya hanya lebih kecil dari ,, dan. Nama berasal dari penampilan mitokondria yang seperti (mitos, ‘benang’) di bawah ini.

organel ini memiliki dua macam, yaitu membran luar dan membran dalam, yang dipisahkan oleh antarmembran ruang. Luas permukaan membran lebih besar dari membran luar karena memiliki lipatan, atau lambang, yang menonjol ke dalam matriks, atau ruang dalam mitokondria.

mitokondria adalah tempat, yang merupakan proses kimia yang memberikan sel-sel. dan contoh dari molekul makanan berenergi tinggi yang dipecah ke dalam dan oleh reaksi dalam mitokondria, pelepasan energi. Sebagian besar energi yang dilepaskan dalam proses ditangkap oleh molekul yang disebut. Mitokondria yang menghasilkan sebagian besar sel-sel ATP. ATP energi kimia kemudian dapat digunakan untuk menjalankan berbagai reaksi kimia dalam sel. Sebagian besar makanan dan pembuatan fase resolusi molekul ATP dilakukan oleh terkandung dalam puncak dan matriks mitokondria.

mitokondria berkembang biak secara independen dari semua bagian sel lainnya. Ini memiliki organel sendiri yang menyandikan sejumlah mitokondria, yang dibuat pada mirip mereka sendiri untuk ribosom.

Kloroplas [| ]

adalah salah satu jenis dipanggil dan. Mengandung kloroplas, hijau yang menangkap energi cahaya untuk, serangkaian reaksi yang mengkonversi energi cahaya menjadi energi kimia yang tersimpan dalam molekul dan lain.

Sel alga uniseluler dapat memiliki satu kloroplas saja, sementara satu sel dapat memiliki 20 sampai 100 kloroplas. organel ini cenderung lebih besar daripada, dengan panjang 5-10 m atau lebih. Kloroplas biasanya berbentuk seperti cakram dan, seperti mitokondria, memiliki membran luar dan membran dalam yang dipisahkan oleh ruang antar. Dalam membran membungkus kloroplas stroma, yang berisi berbagai bentuk bertanggung jawab karbohidrat dan dalam fotosintesis. Sebuah sistem di mana membran kedua ke stroma terdiri dari kantong datar yang disebut tilakoid yang saling berhubungan. Tilakoid-tilakoid membentuk tumpukan yang disebut granum (jamak grana). Klorofil yang terkandung dalam membran tilakoid, yang memainkan peran serupa dengan membran mitokondria bagian dalam, yang terlibat dalam formasi. Kebanyakan ATP terbentuk digunakan oleh enzim dalam stroma untuk mengkonversi karbon dioksida menjadi senyawa karbon antara ketiga kemudian dikeluarkan ke dan diubah menjadi karbohidrat.

Sama seperti mitokondria, kloroplas juga memiliki dan sendiri dan tumbuh dan berkembang biak sendiri. Kedua organel ini juga dapat dipindahkan di sekitar tempat dalam sel.

Peroksisom [| ]

Ukuran ini mirip dengan dan dapat ditemukan di semua sel. organel ini bernama karena biasanya mengandung satu atau lebih yang terlibat dalam reaksi menghasilkan (H2O2). Hidrogen peroksida adalah bahan kimia beracun, tetapi dalam peroksisom senyawa ini digunakan untuk reaksi oksidasi lain atau diuraikan menjadi dan. Satu tugas adalah untuk peroksisom mengoksidasi panjang menjadi lebih pendek kemudian dibawa ke untuk oksidasi lengkap. Peroksisom dalam sel dan juga mendetoksifikasi berbagai molekul beracun yang masuk, misalnya. Sementara itu, peroksisom pada tanaman memainkan peran penting cadangan mengubah bijih digunakan dalam panggung.

The sitoskeleton [| ]

terdiri dari tiga jenis serat protein, yaitu ,, dan. protein sitoskeleton yang serupa dan fungsi sama dengan sitoskeleton eukariotik juga dapat ditemukan di. Mikrotubulus membentuk silinder berongga yang memberikan bentuk sel, gerakan dipandu, dan membantu gerakan pada saat itu. dan eukariota, yang merupakan gerakan alat, juga mengandung mikrotubulus. dukungan filamen Menengah bentuk sel dan organel make tetap di tempat. Sementara itu, mikrofilamen, yang merupakan batang tipis protein, berfungsi antara lain dalam kontraksi, pembentukan gerakan sel, dan aliran bahan dalam sitoplasma sel.

Sejumlah protein motor bergerak sepanjang berbagai organel dalam sitoskeleton eukariotik. Secara umum, protein motor dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yaitu ,, dan. Kinesin dan dinein pindah mikrotubulus, sementara myosin bergerak mikrofilamen.

komponen ekstraseluler [| ]

Cells dan menempatkan bersama-sama sebagai terutama oleh, jaringan yang kompleks dari sel-sel dan molekul yang membentuk kerangka mendukung fungsi utama. Terutama pada hewan, sel-sel di sebagian besar jaringan terpasang langsung ke masing-masing melalui lain.

hewan matriks ekstraselular [| ]

Bahan penyusun utama sel (yang mengikat untuk pendek), dan yang paling melimpah adalah bentuk serat yang kuat di luar sel. serat kolagen ini tertanam dalam kain tenun yang terbuat dari, yang merupakan jenis kelas dan variasi komposisi molekul matriks ekstraselular lainnya glikoprotein menyebabkan berbagai bentuk, seperti sekeras permukaan dan transparan, seperti mata, atau berbentuk seperti kuat tali pada. Tidak hanya menyatukan matriks ekstraselular sel tetapi juga mempengaruhi, bentuk, dan perilaku sel.

Dinding sel tanaman [| ]

adalah yang menyelubungi setiap sel tanaman. Dinding ini terdiri dari serat yang tertanam di lain juga dan jauh lebih tebal daripada, 0,1 pM sampai beberapa mikrometer. Melindungi dinding sel sel tanaman, mempertahankan bentuknya, dan mencegah hisap berlebihan.

Hubungan antara sel-sel [| ]

(sambungan sel) dapat ditemukan pada titik-titik pertemuan antara sel-sel atau antara sel dan. Menurut fungsinya, garis sel dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu (1) steker koneksi (occluding junction), (2) koneksi jangkar (anchoring junction), dan (3) (junction berkomunikasi) koneksi pengomunikasi. Koneksi steker penyegelan permukaan dua sel menjadi satu sehingga bahkan molekul kecil tidak bisa lewat, misalnya, sambungan ketat (tight junction) di. Sementara itu, sel jangkar koneksi tempel (dan) ke sel tetangga atau ke matriks ekstraselular. Akhirnya, pengomunikasi koneksi menyatukan dua sel tetapi memungkinkan sinyal kimia atau listrik antara sel-sel di atasnya. adalah contoh dari pengomunikasi koneksi hanya ditemukan di.

Fungsi [| ]

Metabolisme [| ]

Secara keseluruhan mampu melakukan aktivitas yang membuat apa yang disebut, dan sebagian besar reaksi kimia yang terjadi dalam sel. Metabolisme yang terjadi pada sel bisa menjadi reaksi, yaitu perombakan senyawa kimia untuk memproduksi atau untuk digunakan sebagai pembentukan senyawa lain, dan reaksi, persiapan reaksi komponen sel. Salah satu proses katabolik yang merevolusi molekul makanan untuk menghasilkan energi dalam sel, yang sebagian besar berlangsung di dalam atau dan hasil. Sementara itu, contoh adalah proses anabolik yang berlangsung di dan kebutuhan.

sel

Communications [| ]

Kemampuan sel untuk berkomunikasi, yang menerima dan mengirimkan ‘sinyal’ dari dan ke sel lain, menentukan interaksi dan untuk mengatur dan tubuh. Misalnya, untuk berkomunikasi satu sama lain dalam proses (kuorum penginderaan) untuk menentukan apakah mereka memiliki jumlah yang cukup sebelum membentuk, sementara sel-sel dalam komunikasi hewan untuk mengkoordinasikan proses menjadi berbagai jenis sel.

sel Komunikasi terdiri dari transfer sinyal antara sel-sel dalam bentuk molekul (misalnya) atau kegiatan, dan transduksi sinyal dalam sel yang menghasilkan molekul dengan respon sel target. Mekanisme transfer sinyal dapat terjadi melalui kontak antar sel (misalnya, melalui), penyebaran molekul sinyal ke sel yang berdekatan, penyebaran molekul sel sinyal ke banyak melalui saluran (misalnya), atau propagasi sinyal listrik ke sel yang jauh (misalnya, pada jaringan polos). Selanjutnya, molekul sinyal menembus langsung, melewati protein saluran, atau melekat pada reseptor protein bentuk transmembran pada permukaan sel target dan memicu transduksi sinyal dalam sel. transduksi sinyal ini dapat melibatkan sejumlah zat yang disebut utusan kedua (second messenger) yang konsentrasi meningkat setelah reseptor adhesi dan molekul sinyal yang akan mengatur aktivitas protein lain dalam sel. Selain itu, transduksi sinyal juga bisa dilakukan oleh sejumlah protein yang pada akhirnya dapat mempengaruhi metabolisme, fungsi, atau pengembangan sel.

Siklus sel [| ]

Setiap sel berasal dari sebelumnya, dan tahapan kehidupan sel antara pembelahan sel ke pembelahan sel berikutnya disebut. Dalam kebanyakan sel, siklus ini terdiri dari empat proses terkoordinasi, yaitu pertumbuhan sel, pemisahan DNA yang telah digandakan menjadi dua sel anak calon, serta pembelahan sel. Dalam proses pemisahan DNA ke dalam sel anak calon dapat terjadi bersamaan dengan replikasi DNA dan siklus sel yang dapat urutan tumpang tindih. Ini tidak terjadi dalam siklus sel terjadi dalam empat fase terpisah sehingga laju pembelahan sel bakteri bisa lebih cepat dari laju pembelahan sel eukariota. Pada eukariota, fase pertumbuhan sel umumnya terjadi dua kali, yaitu sebelum replikasi DNA (disebut fase G1, gap 1) dan sebelum pembelahan sel (fase G2). siklus sel bakteri tidak wajib memiliki fase G1, tetapi telah disebut fase G2 D. Tahap periode replikasi DNA pada eukariota disebut fase S (sintesis), atau setara periode bakteri C. Selanjutnya, eukariota memiliki tahap pembelahan yang disebut M fase (),

transisi antartahap dari siklus sel dikendalikan oleh pengaturan gigi tidak hanya mengkoordinasikan berbagai peristiwa dalam siklus sel, tetapi juga menghubungkan dengan siklus sel yang kontrol proliferasi sel. Sebagai contoh, sel-sel di fase G1 bisa dihentikan dan tidak beralih ke fase S dengan tidak adanya faktor pertumbuhan tertentu, memasuki disebut negara fase G0 dan tidak ada pertumbuhan dan multiplikasi. Contohnya adalah satu-satunya sel yang membagi untuk memperbaiki kerusakan tubuh sebagai hasilnya. Jika regulasi siklus sel terganggu, misalnya karena risiko pembentukan -yaitu yang abnormal sel proliferasi bertingkat dan dapat mempengaruhi formasi.

diferensiasi sel [| ]

menciptakan keragaman jenis sel yang muncul selama salah satu dari telur yang dibuahi. Misalnya, yang berasal dari sel berkembang menjadi suatu organisme dengan ratusan jenis sel yang berbeda seperti ,, dan. Sel-sel dalam melakukan pengembangan yang mempengaruhi sel-sel dan menyebabkan diferensiasi.

diprogram kematian sel [| ]

Cells di dapat menjalani kematian terprogram yang berguna untuk mengontrol populasi sel dengan cara mengimbangi perbanyakan sel, misalnya, untuk mencegah penampilan. kematian sel juga berguna untuk menghilangkan bagian-bagian tubuh yang tidak diperlukan. Sebagai contoh, selama pembentukan jari-jari pada tangan atau kaki manusia awalnya menyatu bersama-sama, tetapi kemudian terbentuk karena kematian sel antarjari. Dengan demikian, waktu dan tempat terjadinya kematian sel, serta pertumbuhan dan pembelahan sel, adalah proses yang sangat terkendali. kematian sel tersebut terjadi dalam proses yang disebut yang dimulai ketika faktor pentinghilang dari lingkungan sel atau ketika diaktifkan secara internal. Gejala apoptosis awal dan fragmentasi DNA pemadatan diikuti oleh penyusutan sel.

Studi sel [| ]

berkembang modern integrasi antara sitologi, studi tentang struktur sel, dan, studi dan proses kimia. adalah peralatan yang paling penting dalam sitologi, sementara yang disebut pendekatan biokimia juga menjadi sangat penting dalam biologi sel.

Mikroskop [| ]

berperan dalam studi sel sejak awal penemuannya. Ketik mikroskop digunakan oleh para ilmuwan dan yang masih banyak digunakan di laboratorium adalah. melewati menembus spesimen dan kemudian kaca yang saya menyalakan sehingga citra spesimen diperbesar ketika diproyeksikan ke mikroskop mata pengguna. Namun, mikroskop cahaya memiliki batas kekuatan menjelaskan, tidak dapat menguraikan rincian halus sekitar 0,2 m (ukuran kecil). Pengembangan penggunaan teknik mikroskop cahaya sejak awal abad ke-20 melibatkan upaya untuk meningkatkan kontras, misalnya dengan mewarnai atau memberikan substansi. Selanjutnya, menggelegar dengan penemuan yang menggunakan balok bukan cahaya tampak dan dapat memiliki resolusi (daya penguraian) dari sekitar 2 nm. Ada dua tipe dasar dari mikroskop elektron, mikroskop elektron transmisi, yaitu (mikroskop elektron transmisi, TEM) dan scanning mikroskop elektron Payar (pemindaian mikroskop elektron, SEM). TEM terutama digunakan untuk mempelajari struktur internal sel, sementara SEM berguna untuk melihat permukaan spesimen secara rinci.

Fraksinasi sel [| ]

adalah teknik untuk bagian yang terpisah dari sel. Secara umum, teknik ini melibatkan homogenisasi, solusi sel lembut dengan bantuan atau aparat USG, dan, yaitu pemisahan komponen sel oleh alat, seperti untuk tabung reaksi yang dapat berputar pada kecepatan yang berbeda. Sentrifugal yang paling canggih, yang disebut ultrasentrifuge, dapat berputar secepat 80.000 (rpm) dan memberikan gaya pada partikel sampel untuk 500.000 kali gaya gravitasi (500.000 g). homogenates pemutaran di sentrifugal untuk memisahkan bagian-bagian dari sel menjadi dua fraksi, yaitu pelet, yang terdiri dari struktur yang lebih besar menumpuk di bagian bawah tabung centrifuge, dan supernatan, yang terdiri dari bagian-bagian sel yang lebih kecil tersuspensi dalam cairan di atas pelet. Supernatan disentrifugasi kembali dan proses ini diulang, semakin tinggi kecepatan rotasi pada setiap tahap, sehingga komponen sel yang semakin pelet kecil dikumpulkan secara berurutan.

Referensi [| ]

^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ < / b> ^ ^ ^ < / b> ^ ^ ^ ^ < b> ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ ^ < b> ^ ^

daftar pustaka [| ]

1 3 2 40 1 1 < / b>

link eksternal [| ]

Wikimedia Commons memiliki media tentang.


memiliki informasi lebih lanjut:


navigasi Menu

Alat Pribadi

namespace


varian

View


lebih


Cari


Navigasi


masyarakat


Wikipedia


Bagikan


Dalam proyek lain


Cetak / ekspor


perkakas


bahasa lainnya

Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian
Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian

Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian
Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian

Bagian Bagian Sel : Pengertian, Fungsi, Contoh Sel, Beserta Gambarnya
Bagian Bagian Sel : Pengertian, Fungsi, Contoh Sel, Beserta Gambarnya

Bagian Bagian Sel : Pengertian, Fungsi, Contoh Sel, Beserta Gambarnya
Bagian Bagian Sel : Pengertian, Fungsi, Contoh Sel, Beserta Gambarnya

Sel Hewan : Pengertian, Bagian dan Fungsinya (LENGKAP)
Sel Hewan : Pengertian, Bagian dan Fungsinya (LENGKAP)

Pengertian Sel
Pengertian Sel

Pengertian Sel : Contoh Dan Fungsi Sel
Pengertian Sel : Contoh Dan Fungsi Sel

Pengertian Sel dan Jaringan adalah | Penjelasan, Bagian - Bagian ...
Pengertian Sel dan Jaringan adalah | Penjelasan, Bagian – Bagian …

Gambar Sel Hewan - Pengertian, Bagian, Struktur dan Fungsi
Gambar Sel Hewan – Pengertian, Bagian, Struktur dan Fungsi

Bagian-Bagian Sel dan Fungsinya - awalilmu.com
Bagian-Bagian Sel dan Fungsinya – awalilmu.com

Pengertian SEL : Fungsi, Struktur, Contoh & Bagian Sel [LENGKAP]
Pengertian SEL : Fungsi, Struktur, Contoh & Bagian Sel [LENGKAP]

Powerpoint sel kel. 3
Powerpoint sel kel. 3

Struktur dan Fungsi Sel. Pengertian Bagian Sel dan Contoh Soal Ujian
Struktur dan Fungsi Sel. Pengertian Bagian Sel dan Contoh Soal Ujian

Sel Tumbuhan - Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Struktur.
Sel Tumbuhan – Pengertian, Ciri, Contoh, Jenis, Struktur.

Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya Lengkap | Essay.Co.Id
Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Dan Contohnya Lengkap | Essay.Co.Id

Struktur Sel Tumbuhan & Hewan / Pengertian / Fungsi / Menurut Ahli
Struktur Sel Tumbuhan & Hewan / Pengertian / Fungsi / Menurut Ahli

Pengertian Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Organisme dan ...
Pengertian Sel – Jaringan – Organ – Sistem Organ – Organisme dan …

Sel Hewan : Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Struktur, Beserta Contohnya
Sel Hewan : Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Struktur, Beserta Contohnya

Sel hewan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sel hewan – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sel Tumbuhan : Jenis, Struktur Bagian, Gambar, Fungsi, Ciri
Sel Tumbuhan : Jenis, Struktur Bagian, Gambar, Fungsi, Ciri

Struktur Sel Tumbuhan & Hewan / Pengertian / Fungsi / Menurut Ahli
Struktur Sel Tumbuhan & Hewan / Pengertian / Fungsi / Menurut Ahli

Sel Prokariotik - Sel Eukariotik, Pengertian Dan Perbedaannya
Sel Prokariotik – Sel Eukariotik, Pengertian Dan Perbedaannya

Sel Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Bagian Organel, Gambar [Lengkap]
Sel Tumbuhan : Pengertian, Fungsi, Bagian Organel, Gambar [Lengkap]

Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar
Sel Hewan Dan Sel Tumbuhan – Pengertian, Fungsi, Perbedaan Dan Gambar

Pengertian Sel
Pengertian Sel

Pengertian Sel germinal pada Manusia | Biologi | Sridianti.com
Pengertian Sel germinal pada Manusia | Biologi | Sridianti.com

Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian
Sel : Pengertian, Sejarah, Struktur, Fungsi dan Bagian

Jaringan Gabus - Pengertian, Gambar, Struktur, Fungsi dan Contoh
Jaringan Gabus – Pengertian, Gambar, Struktur, Fungsi dan Contoh

Sel
Sel

Pengertian Sel Elektrolisis, Jenis, Reaksi, Bagian dan Contoh
Pengertian Sel Elektrolisis, Jenis, Reaksi, Bagian dan Contoh

Pengertian Kingdom Eubacteria Lengkap Ciri, Bentuk, Klasifikasi ...
Pengertian Kingdom Eubacteria Lengkap Ciri, Bentuk, Klasifikasi …

√ Pengertian Sel Saraf, Struktur, Ciri-Ciri & Fungsinya (Lengkap)
√ Pengertian Sel Saraf, Struktur, Ciri-Ciri & Fungsinya (Lengkap)

Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel Pada Excel - Advernesia
Pengertian Sel, Range dan Alamat Sel Pada Excel – Advernesia

Organel Sel : Fungsi dan Strukturnya Menurut Para Ahli
Organel Sel : Fungsi dan Strukturnya Menurut Para Ahli

√ Bagian Sel: Pengertian, Fungsi, Bagian-Bagian dan Contoh
√ Bagian Sel: Pengertian, Fungsi, Bagian-Bagian dan Contoh

▷ Pengertian Sel Elektrolisis, Cara Kerja, dan Contohnya | Ilmu Kimia
▷ Pengertian Sel Elektrolisis, Cara Kerja, dan Contohnya | Ilmu Kimia

Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan – Lengkap Dengan Fungsi dan Struktur
Gambar Sel Hewan dan Tumbuhan – Lengkap Dengan Fungsi dan Struktur

Pengertian Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik - Definisi ...
Pengertian Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik – Definisi …

Sel Tumbuhan dan Fungsinya Beserta Gambar Organel-organel Sel
Sel Tumbuhan dan Fungsinya Beserta Gambar Organel-organel Sel

Respirasi Adalah : Pengertian, Sel, Aerob, Anaerob dan Contohnya
Respirasi Adalah : Pengertian, Sel, Aerob, Anaerob dan Contohnya

Pengertian Sel Saraf (Neuron) : Struktur, Fungsi dan Jenisnya
Pengertian Sel Saraf (Neuron) : Struktur, Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Inti Sel (Nukleus), Lengkap Bagian, Struktur, Fungsi ...
Pengertian Inti Sel (Nukleus), Lengkap Bagian, Struktur, Fungsi …

Pengertian Sel Saraf, Struktur, Bagian, Fungsi, dan Jenis
Pengertian Sel Saraf, Struktur, Bagian, Fungsi, dan Jenis

Pengertian Transpor Aktif – Fungsi Dan Contohnya Lengkap
Pengertian Transpor Aktif – Fungsi Dan Contohnya Lengkap

Pengertian Sel beserta Contohnya Dalam Pelajaran Biologi Akademi ...
Pengertian Sel beserta Contohnya Dalam Pelajaran Biologi Akademi …

Pengertian Sel Lemak, Struktur, Fungsi dan Letak Sel Adiposa (Sel ...
Pengertian Sel Lemak, Struktur, Fungsi dan Letak Sel Adiposa (Sel …

Sel Hewan : Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Struktur, Beserta Contohnya
Sel Hewan : Pengertian, Fungsi, Perbedaan, Struktur, Beserta Contohnya

Gambar Sel Hewan Beserta Pengertian, Fungsi, Serta Bagian-Bagiannya
Gambar Sel Hewan Beserta Pengertian, Fungsi, Serta Bagian-Bagiannya

pengertian Biologi sel - - UNDIP - StuDocu
pengertian Biologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *