perbedaan joomla dan wordpress

Diposting pada

Joomla VS WordPress: Mana yang Terbaik?
Joomla VS WordPress: Mana yang Terbaik?

Share

Balas

»Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Stud CMS

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Stud CMS

1 Oktober 2019

5 menit membaca

Pilih sistem manajemen konten (CMS) tidak mudah. Dalam proses mencari yang terbaik, Anda pasti akan menemukan berbagai pilihan. Joomla dan WordPress mungkin dua nama yang sering muncul dari antara banyak pilihan.

Keduanya menempati tingkat atas persyaratan dan, dengan WordPress di posisi pertama. Namun, jika WordPress lebih baik dari Joomla? Atau sebaliknya? Artikel ini akan menyajikan perbandingan antara Joomla vs WordPress. Selain itu, artikel ini juga akan memandu Anda untuk memilih yang paling cocok.

Isi

Joomla

Joomla adalah CMS dengan pangsa pasar yang paling kedua hanya untuk WordPress. Sekarang platform diluncurkan pada bulan September 2005 digunakan oleh atau tentang situs web di dunia.

CMS ini adalah open-source. Dengan kata lain, Joomla dapat didownload, diinstal, dan dibagikan secara gratis.

Pada awalnya, Joomla banyak digunakan oleh situs yang memiliki sistem keanggotaan. Namun, sekarang berbagai website dapat dibuat dengan platform ini.

Beberapa situs terkenal yang menggunakan Joomla:

WordPress

Diluncurkan pada Mei 2003, WordPress adalah CMS yang digunakan atas situs. Oleh karena itu, pangsa pasar platform ini CMS.

Sama seperti Joomla, WordPress sistem manajemen konten juga merupakan open-source. Namun, tidak hanya itu alasan mengapa platform ini disukai oleh banyak situs aktivis. Dibandingkan dengan mayoritas CMS terkenal lainnya, WordPress dikenal mudah untuk belajar dan beroperasi.

WordPress sekali lebih umum digunakan untuk blogging, tapi sekarang dapat menjalankan berbagai jenis situs setelah melalui banyak pengembangan.

Jika Anda belum tahu, berikut adalah beberapa situs web populer menggunakan WordPress:

Perbandingan Joomla vs WordPress

Setelah Anda tahu bahwa Joomla dan WordPress adalah dua CMS terbaik, Anda mungkin lebih sulit untuk memilih.

Oleh karena itu, bagian bawah akan menjelaskan perbedaan antara Joomla dan WordPress dalam enam aspek, yaitu:

1. Kemudahan Penggunaan

Pada dasarnya, Joomla dan WordPress dapat diinstal secara manual. Namun, penyedia banyak penyedia yang menyediakan instalasi instan, seperti.

Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk menginstal berbagai aplikasi web, termasuk Joomla dan WordPress, dengan satu klik. Tentunya ini akan sangat mudah bagi pengguna awam karena tidak memerlukan pengetahuan teknis.

Selain itu, baik Joomla dan WordPress memiliki antarmuka dashboard yang mudah dimengerti. Seperti yang Anda lihat dalam penangkapan layar di bawah, menu di dashboard Joomla terletak di kiri dan atas halaman.

Di sisi lain, semua menu WordPress terletak di sisi kiri dashboard, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.

perbedaan antara Joomla dan WordPress lain terletak pada post editor-nya. Joomla menggunakan TinyMCE Editor, yang identik dengan Microsoft Office Word. Oleh karena itu, pengguna yang terbiasa dengan aplikasi pengolah kata dapat menggunakan Joomla dengan mudah editor posting.

WordPress sebelumnya juga menggunakan TinyMCE sebagai editor jabatannya. Namun, peluncuran versi 5 dari CMS diikuti oleh penerapan Gutenberg redaksi.

Di berprinsip Editor drag-and-drop, semua elemen posting yang disebut “blok”. Setiap jenis elemen, seperti teks, tabel, galeri foto, dan widget, memiliki blok sendiri.

Ketika kita ingin membuat posting, Anda hanya perlu memilih blok yang diperlukan. Anda juga dapat memindahkan setiap blok dengan mengkliknya dan menyeretnya ke posisi yang diinginkan.

Namun, pengguna masih asing dengan konsep drag-and-drop mungkin mengambil waktu untuk belajar bagaimana editor Gutenberg.

Namun, membuat posting pertama Anda di WordPress mudah. Anda hanya perlu klik Entri> Add New pada menu dashboard.

Dalam Joomla, prosesnya tidak sulit, tetapi melalui langkah lagi. Alasannya adalah karena pengguna harus membuat kategori posting di masa lalu.

2. Mengubah View

Kedua Joomla dan WordPress menyediakan berbagai pilihan tampilan untuk pengguna. Bedanya, call option Joomla tampilannya seperti suhu-an, sedangkan tema WordPress yang diganti nama.

Sayangnya, Joomla hanya memiliki dua template default. Untuk mendapatkan lebih banyak pilihan, Anda harus membelinya di toko tema pihak ketiga seperti dan.

Bertentangan dengan Joomla, WordPress memiliki lebih dari. Jika tidak puas dengan opsi yang diberikan, masih banyak pengembang WordPress tema yang Anda dapat menemukan di internet.

Namun, WordPress hanya memungkinkan pengguna untuk menginstal tema untuk satu situs. Di sisi lain, pengguna Joomla dapat menentukan tema untuk setiap halaman situs web mereka.

3. Menambahkan Fitur

Joomla dan WordPress memungkinkan pengguna untuk menambahkan fitur website dengan memasang berbagai add-ons. Joomla bernama ekstensi, sementara mengakui sebagai pengguna plugin.

Dalam Joomla sendiri ada untuk berbagai jenis website. Instalasi juga mudah karena Anda hanya klik Install Ekstensi di menu dashboard. Ada empat cara instalasi yang ditawarkan, tapi Anda hanya dapat memilih “Install dari Web” untuk membuatnya lebih mudah.

Berikutnya, Anda hanya perlu memilih ekstensi yang diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa direktori Joomla tidak hanya mencakup perpanjangan gratis, tetapi dibayar. Anda masih harus membeli dan men-download ekstensi tidak bebas dari situs resmi sebelum instalasi bisa dilakukan.

Seperti WordPress. CMS memiliki direktori plugin yang lebih besar dari saingannya. Lebih tepatnya, kali ini menghadirkan WordPress. Selain itu, repositori plugin yang berisi pilihan hanya gratis.

Untuk mencari plugin Anda ingin menginstal, Anda cukup klik Plugins> Add New di dashboard. Jika Anda telah menentukan bahwa Anda ingin menginstal, klik tombol Install Now dan mengaktifkan plugin. Sangat mudah, bukan?

direktori Namun, setidaknya balik ekstensi disajikan Joomla, CMS memiliki beberapa fitur built-in yang tidak ada di WordPress. Fasilitas cache browser, misalnya. Pengguna dapat mengaktifkannya melalui pengaturan System> Global Configuration. Sebaliknya, WordPress tidak menghadirkan banyak fitur asli.

4. Keamanan

Ada banyak kejahatan yang dilakukan di dunia maya, mulai dari pencurian informasi dengan penipuan. Oleh karena itu, keamanan website adalah nomor satu tugas sebelum Anda memulai. Namun, apa yang CMS lebih aman?

Bahkan, semua CMS dapat diamankan. Joomla memiliki otentikasi dua langkah fitur yang langsung diaktifkan dari pertama kali Anda menggunakannya. Selain itu, ada banyak ekstensi yang dapat didownload keamanan gratis, misalnya, dan. Joomla juga memiliki yang bisa Anda ikuti.

WordPress juga memiliki berbagai plugin keamanan yang dapat diinstal secara gratis, termasuk dan. Selain itu, CMS juga menyediakan update keamanan otomatis pada setiap update itu.

5. Bantuan

Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan CMS, panduan akan membantu. Namun, sumber informasi yang dapat digunakan untuk belajar Joomla tidak begitu banyak bila dibandingkan dengan panduan tentang WordPress.

Namun, Anda masih dapat menjelajahi Joomla melalui. Selain itu, ada juga komunitas online bantuan tersebut.

Untuk mempelajari WordPress, ada banyak situs yang dapat membantu Anda, termasuk, t, dan. Selain itu, situs resmi CMS WordPress menyediakan melengkapinya.

6. Search Engine Optimization (SEO)

Meskipun website Anda adalah online, orang tidak akan dapat menemukannya dengan mudah melalui mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, mesin pencari optimasi atau SEO diperlukan.

Kedua Joomla dan WordPress memiliki dasar SEO fitur untuk menyederhanakan optimasi website. Pada menu Pengaturan Global Joomla, misalnya, Anda dapat mengaktifkan pengaturan berikut:

Selain itu, Joomla juga menyediakan ekstensi untuk menerapkan SEO di situs Anda, misalnya.

WordPress telah menetapkan dasar SEO yang sedikit berbeda dari Joomla, misalnya:

untuk optimasi lebih efektif, Anda dapat menggunakan yang telah menjadi salah satu plugin yang dibutuhkan hampir semua pemilik situs WordPress.

Lihat juga:

Joomla vs WordPress, yang Lebih Baik?

Joomla dan WordPress keduanya peringkat teratas dalam kategori CMS. Namun, mana yang lebih baik?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda dapat melihat ringkasan perperbedaan yang telah dibahas dalam artikel ini pada tabel berikut:

JoomlaWordPressKemudahan penggunaan-Instalasi dapat dilakukan secara otomatis, Memiliki antarmuka dashboard yang mudah dipahami- Pasang editor mudah untuk digunakan, tetapi tidak memiliki fitur Multimedia instalasi dapat dilakukan secara otomatis, memiliki dashboard antarmuka dipahami- sederhana Pasang Editor mungkin membingungkan bagi pengguna baru, namun dapat digunakan untuk menanamkan berbagai elemen posting dengan mudah.Mengganti Tampilan- tidak telah pengguna Template- direktori dapat menggunakan berbagai template untuk setiap halaman- memiliki direktori tema dengan pengguna ribu-berakhir hanya dapat menggunakan satu themeMenambah fitur-Ini hampir delapan ribu ekstensi Menyediakan beberapa fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh wordpress memiliki lebih dari 50 ribu plugin- Minim Ada fitur bawaanKeamanan- otentikasi dua langkah fitur built-in-Menyediakan ekstensi keselamatan-Memiliki panduan untuk meningkatkan keama nan Situs-Menyediakan keamanan Plugin keselamatan-Menyerah date dalam setiap sumber updateBantuan- informasi untuk belajar Joomla tidak banyak selain forum dukungan resminya- Ada banyak situs dan forum yang pengguna dapat bantuan untuk mengembangkan website dioptimalkan Mudah WordPressSEO- prinsip SEO yang tepat, baik dengan fitur asli dan Mudah Perpanjangan dioptimalkan sesuai dengan prinsip-prinsip SEO, baik dengan fitur asli dan plugin

di atas tabel menunjukkan bahwa Joomla dan WordPress memiliki keunggulan masing-masing. Oleh karena itu, mereka cocok untuk berbagai jenis pengguna.

Jika disimpulkan, penggunaan Joomla sebenarnya tidak jauh lebih sulit daripada WordPress. Namun, ada beberapa proses yang membutuhkan lebih banyak langkah-langkah, seperti pembuatan pos, pemasangan ekstensi, dan mencari template.

Selain itu, pertama kali digunakan Joomla mungkin sedikit kesulitan dalam mengembangkan sebuah website. Hal ini disebabkan kurangnya sumber daya yang membahas CMS.

Oleh karena itu, WordPress adalah pilihan yang lebih baik jika Anda ingin operasi lebih sederhana dan lebih banyak pilihan bantuan yang besar.

Dalam Niagahoster, Anda juga akan mendapatkan manfaat lain jika menggunakan. Fasilitas termasuk instalasi otomatis dan website WordPress data impor. Ingin tahu lebih banyak fitur, lihat.

Joomla VS WordPress? Pilihan di Tangan Anda

Joomla dan WordPress adalah dua CMS yang paling banyak digunakan. Namun, keduanya memiliki kelemahan yang berbeda dan keuntungan. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghasilkan sebuah website dengan performa maksimal.

Good luck Joomla vs WordPress perbandingan Artikel ini berguna untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkannya di kolom komentar.

Share

Langganan Sekarang

Dapatkan berbagai artikel tutorial, dan tips menarik wawasan tentang dunia online langsung melalui email Anda.
Berlangganan sekarang dan #BuildSuccessOnline bersama-sama Niagahoster!

Satu balasan “Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Stud CMS”

amzar

Website ini menggunakan WordPress, WordPress lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

masukkan jawaban dalam angka:

Lebih murah! Lebih efisien!

Free Web Hosting Domain mulai dari Rp. 10.000 / mo

© Copyright Niagahoster 2020

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS
Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS

Perbedaan Mendasar Antara WordPress dan Joomla | Situseo
Perbedaan Mendasar Antara WordPress dan Joomla | Situseo

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS
Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Perbedaan Joomla dan WordPress
Perbedaan Joomla dan WordPress

Bedanya WordPress vs Joomla vs Drupal - DomaiNesia
Bedanya WordPress vs Joomla vs Drupal – DomaiNesia

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Persamaan dan Perbedaan Joomla vs WordPress - Joomla Hosting Indonesia
Persamaan dan Perbedaan Joomla vs WordPress – Joomla Hosting Indonesia

Joomla VS WordPress: Mana yang Terbaik?
Joomla VS WordPress: Mana yang Terbaik?

Antara Joomla VS WordPress, Mana Yang Lebih Unggul?
Antara Joomla VS WordPress, Mana Yang Lebih Unggul?

Perbedaan Joomla,WordPress,dan Drupal | DARKSIDE
Perbedaan Joomla,WordPress,dan Drupal | DARKSIDE

PENGERTIAN JOOMLA DAN WORDPRESS | dorkaswati
PENGERTIAN JOOMLA DAN WORDPRESS | dorkaswati

BerInfo: Perbedaan website CMS Drupal, Joomla dan WordPress
BerInfo: Perbedaan website CMS Drupal, Joomla dan WordPress

Inilah Perbandingan CMS WordPress, Drupal, dan Joomla! | Blog Dewaweb
Inilah Perbandingan CMS WordPress, Drupal, dan Joomla! | Blog Dewaweb

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS
Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS

digital menu on wordpress
digital menu on wordpress

Perbedaan Mendasar Antara WordPress dan Joomla | Situseo
Perbedaan Mendasar Antara WordPress dan Joomla | Situseo

4 Analisa CMS Terbaik, Perbedaan WordPress.org WordPress.com dan ...
4 Analisa CMS Terbaik, Perbedaan WordPress.org WordPress.com dan …

BerInfo: Perbedaan website berbasis CMS dan Framework
BerInfo: Perbedaan website berbasis CMS dan Framework

Index of /wp-content/uploads/2017/04/
Index of /wp-content/uploads/2017/04/

PENGERTIAN JOOMLA DAN WORDPRESS | dorkaswati
PENGERTIAN JOOMLA DAN WORDPRESS | dorkaswati

Mengenal Joomla, CMS Populer Pesaing WordPress - Qwords
Mengenal Joomla, CMS Populer Pesaing WordPress – Qwords

Joomla VS WordPress | Mana yang Lebih Bagus? | MARKEY
Joomla VS WordPress | Mana yang Lebih Bagus? | MARKEY

Apa perbedaan NAT 2 dan NAT 3? | Ps4, Indonesia
Apa perbedaan NAT 2 dan NAT 3? | Ps4, Indonesia

Mengenal Perbedaan PrestaShop dan WordPress
Mengenal Perbedaan PrestaShop dan WordPress

Pengertian dan Kelebihan CMS (Content Management System) Yang ...
Pengertian dan Kelebihan CMS (Content Management System) Yang …

5 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org & Pengertian CMS
5 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org & Pengertian CMS

Tips & Trik Seputar Website, SEO, Marketing dan Desain - AltDesain
Tips & Trik Seputar Website, SEO, Marketing dan Desain – AltDesain

Perbedaan CMS Joomla , & WordPress – HandofNoxus
Perbedaan CMS Joomla , & WordPress – HandofNoxus

Wordpress vs Joomla | Perbandingan antara WordPress dan Joomla
WordPress vs Joomla | Perbandingan antara WordPress dan Joomla

Perbandingan WordPress vs Joomla : Mana Yang Terbaik? - Qwords
Perbandingan WordPress vs Joomla : Mana Yang Terbaik? – Qwords

Apa Itu WordPress? Pengertian WordPress dan Sejarahnya
Apa Itu WordPress? Pengertian WordPress dan Sejarahnya

Install and Use Photoshop Gradients Trick
Install and Use Photoshop Gradients Trick

Binary Options WordPress Theme
Binary Options WordPress Theme

Perbedaan Mendasar Antara WordPress dan Joomla | Situseo
Perbedaan Mendasar Antara WordPress dan Joomla | Situseo

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS
Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS

Pilih Mana: WordPress atau Joomla? – Selera.id
Pilih Mana: WordPress atau Joomla? – Selera.id

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Tutorial Joomla: Instalasi dan Fitur-fiturnya | Blog Dewaweb
Tutorial Joomla: Instalasi dan Fitur-fiturnya | Blog Dewaweb

Perbedaan wordpress dan framework | Manakah yang lebih baik?
Perbedaan wordpress dan framework | Manakah yang lebih baik?

12 Rekomendasi CMS Terbaik Dalam Membuat Website (Lengkap)
12 Rekomendasi CMS Terbaik Dalam Membuat Website (Lengkap)

Apa Sih Bedanya Antara CMS dan Framework? Cari Tau Yuk…
Apa Sih Bedanya Antara CMS dan Framework? Cari Tau Yuk…

Perbedaan Joomla dan Drupal, Mana yang lebih baik untuk bisnis ...
Perbedaan Joomla dan Drupal, Mana yang lebih baik untuk bisnis …

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Apa itu WordPress? Pengertian dan Manfaatnya Membangun Website
Apa itu WordPress? Pengertian dan Manfaatnya Membangun Website

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS
Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS

Bedanya WordPress vs Joomla vs Drupal - DomaiNesia
Bedanya WordPress vs Joomla vs Drupal – DomaiNesia

Perbedaan blogspot dan wordpress
Perbedaan blogspot dan wordpress

Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS
Joomla vs WordPress: Perbandingan Dua Jagoan CMS

Perbedaan Kategori dan Tags pada WordPress, Joomla, atau CMS ...
Perbedaan Kategori dan Tags pada WordPress, Joomla, atau CMS …

Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan
Perbandingan WordPress Vs Joomla : Fitur, Persamaan & Perbedaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *