version control system adalah

Diposting pada

Mengenal Apa itu GIT Serta Manfaat dan Fiturnya Untuk Developer ...
Mengenal Apa itu GIT Serta Manfaat dan Fiturnya Untuk Developer …

Versi kontrol

Artikel ini membutuhkan tambahan kutipan untuk. Harap membantu dengan. Tag ini ditantang dan sumber removed.Find: – · · (April 2011) () kebutuhan tambahan kutipan untuk · · < / b> · ·

Sebuah komponen dari, kontrol versi, juga dikenal sebagai kontrol revisi atau kontrol sumber, adalah manajemen perubahan dokumen,, situs web yang besar , dan koleksi lainnya informasi. Perubahan biasanya diidentifikasi oleh nomor atau huruf kode, disebut sebagai “nomor revisi”, “tingkat revisi”, atau hanya “revisi”. Sebagai contoh, sebuah set awal file adalah “revisi 1”. Ketika perubahan pertama dibuat, set yang dihasilkan adalah “revisi 2”, dan seterusnya. Setiap revisi terkait dengan dan orang yang membuat perubahan. Revisi dapat dibandingkan, dipulihkan, dan dengan beberapa jenis file, bergabung.

kontrol versi kontrol revisi kontrol sumber

Kebutuhan cara yang logis untuk mengatur dan revisi kontrol telah ada selama hampir sama selama telah ada, tetapi kontrol revisi menjadi jauh lebih penting, dan rumit, ketika era komputasi dimulai. Penomoran dan merupakan contoh yang tanggal kembali ke era cetak saja. Hari ini, yang paling mampu (serta kompleks) sistem kontrol revisi adalah mereka digunakan dalam, di mana tim orang mungkin secara bersamaan melakukan perubahan ke file yang sama.

sistem kontrol Versi (VCS) paling sering dijalankan sebagai aplikasi yang berdiri sendiri, tetapi kontrol revisi juga tertanam dalam berbagai jenis software seperti dan, kolaboratif dan dalam berbagai, misalnya, Wikipedia. kontrol revisi memungkinkan untuk kemampuan untuk kembali dokumen ke revisi sebelumnya, yang sangat penting untuk memungkinkan editor untuk melacak suntingan masing-masing, memperbaiki kesalahan, dan membela terhadap vandalisme dan di.

sistem kontrol Versi VCS

Isi

Ikhtisar []

Dalam komputer, kontrol revisi adalah setiap jenis praktek yang trek dan memberikan kontrol atas perubahan. kadang-kadang menggunakan software kontrol revisi untuk menjaga dokumentasi dan serta kode sumber.

Sebagai desain tim, mengembangkan dan software menyebarkan, itu adalah umum untuk beberapa versi dari perangkat lunak yang sama untuk digunakan di situs yang berbeda dan untuk pengembang perangkat lunak untuk dapat bekerja secara bersamaan pada update. atau fitur dari perangkat lunak sering hanya hadir dalam versi tertentu (karena memperbaiki beberapa masalah dan pengenalan orang lain sebagai program berkembang). Oleh karena itu, untuk tujuan menemukan dan memperbaiki bug, itu sangat penting untuk dapat mengambil dan menjalankan versi yang berbeda dari perangkat lunak untuk menentukan di mana versi (s) masalah terjadi. Hal ini juga mungkin diperlukan untuk mengembangkan dua versi dari perangkat lunak bersamaan: misalnya, di mana satu versi telah bug tetap, tetapi tidak ada fitur baru (), sedangkan versi lain adalah di mana fitur baru yang bekerja pada ().

Pada tingkat yang paling sederhana, pengembang hanya bisa mempertahankan beberapa salinan dari versi yang berbeda dari program, dan label mereka secara tepat. Pendekatan ini telah digunakan dalam banyak proyek software besar. Sedangkan metode ini dapat bekerja, itu tidak efisien karena banyak salinan hampir identik dari program harus dipertahankan. Ini membutuhkan banyak disiplin diri pada bagian dari pengembang dan sering menyebabkan kesalahan. Karena basis kode yang sama, hal itu juga memerlukan pemberian read-write-execute izin untuk satu set pengembang, dan ini menambah tekanan seseorang mengelola perizinan sehingga basis kode tidak terganggu, yang menambahkan kompleksitas. Akibatnya, sistem untuk mengotomatisasi beberapa atau semua proses kontrol revisi telah dikembangkan. Hal ini memastikan bahwa mayoritas pengelolaan langkah-langkah kontrol versi yang tersembunyi di balik layar.

Selain itu, dalam pengembangan perangkat lunak, praktek hukum dan bisnis dan lingkungan lainnya, telah menjadi semakin umum untuk sebuah dokumen tunggal atau potongan kode yang akan diedit oleh tim, yang anggota-anggotanya dapat secara geografis dan dapat mengejar kepentingan yang berbeda dan bahkan bertentangan. kontrol revisi canggih yang trek dan rekening untuk kepemilikan perubahan dokumen dan kode mungkin sangat membantu atau bahkan sangat diperlukan dalam situasi seperti itu.

Revisi kontrol juga dapat melacak perubahan, seperti yang biasanya disimpan di / etc atau / usr / local / etc pada sistem Unix. Hal ini memberikan administrator sistem cara lain untuk dengan mudah melacak perubahan yang dibuat dan cara untuk memutar kembali ke versi sebelumnya harus kebutuhan suatuBangkit.

Sejarah []

Bagian ini kosong. Anda dapat membantu dengan. (Desember 2017) Bagian ini kosong.

Struktur []

Revisi kontrol mengelola perubahan untuk satu set data dari waktu ke waktu. Perubahan ini dapat terstruktur dalam berbagai cara.

Seringkali data yang dianggap sebagai koleksi banyak item individu, seperti file atau dokumen, dan perubahan file individual dilacak. Ini perjanjian dengan intuisi tentang file terpisah tapi masalah penyebab ketika perubahan identitas, seperti selama penggantian nama, membelah atau penggabungan file. Dengan demikian, beberapa sistem seperti, bukannya menganggap perubahan data secara keseluruhan, yang kurang intuitif untuk perubahan sederhana namun menyederhanakan perubahan yang lebih kompleks.

Ketika data yang berada di bawah kontrol revisi dimodifikasi, setelah diambil dengan memeriksa, ini bukan secara umum segera tercermin dalam sistem kontrol revisi (dalam repositori), tetapi harus bukannya diperiksa atau dilakukan . Salinan kontrol revisi luar dikenal sebagai “copy pekerjaan”. Sebagai contoh sederhana, saat mengedit file komputer, data yang disimpan dalam memori dengan program editing adalah copy pekerjaan, yang dilakukan oleh tabungan. Konkretnya, satu mungkin mencetak dokumen, mengedit dengan tangan, dan hanya kemudian secara manual masukan perubahan ke dalam komputer dan simpan. Untuk kontrol kode sumber, copy pekerjaan adalah bukan salinan semua file dalam revisi tertentu, umumnya disimpan secara lokal pada komputer pengembang; dalam hal ini menyimpan file hanya mengubah copy pekerjaan, dan memeriksa ke dalam repositori adalah langkah yang terpisah.

Jika beberapa orang yang bekerja pada satu set data tunggal atau dokumen, mereka secara implisit menciptakan cabang data (di copy pekerjaan mereka), dan dengan demikian masalah penggabungan timbul, seperti dibahas di bawah. Untuk mengedit dokumen kolaboratif sederhana, ini bisa dicegah dengan menggunakan atau hanya menghindari bekerja pada dokumen yang sama bahwa orang lain bekerja pada.

sistem kontrol revisi sering terpusat, dengan toko tunggal otoritatif data, repositori, dan check-out dan check-in dilakukan dengan mengacu pada repositori pusat ini. Atau, dalam, tidak ada repositori tunggal otoritatif, dan data dapat diperiksa dan diperiksa ke repositori apapun. Ketika memeriksa ke repositori yang berbeda, ini diartikan sebagai gabungan atau patch yang.

struktur Grafik []

Dalam hal, revisi umumnya dianggap sebagai garis pembangunan (batang) dengan cabang off dari ini, membentuk sebuah pohon diarahkan, divisualisasikan sebagai salah satu atau garis lebih paralel pembangunan (the “mainlines” cabang) percabangan batang. Pada kenyataannya struktur yang lebih rumit, membentuk, tetapi untuk banyak tujuan “pohon dengan gabungan” adalah sebuah pendekatan yang memadai.

Revisi terjadi secara berurutan dari waktu ke waktu, dan dengan demikian dapat diatur dalam urutan, baik dengan nomor revisi atau timestamp. Revisi didasarkan pada revisi terakhir, meskipun mungkin untuk sebagian besar atau sepenuhnya menggantikan revisi sebelumnya, seperti “menghapus semua teks yang ada, insert teks baru”. Dalam kasus yang paling sederhana, tanpa bercabang atau kehancuran, setiap revisi didasarkan pada pendahulunya terdekatnya saja, dan mereka membentuk garis sederhana, dengan versi terbaru tunggal, “HEAD” revisi atau tip. Dalam hal, menggambar setiap revisi sebagai titik dan hubungan masing-masing “revisi berasal” sebagai panah (konvensional menunjuk dari tua ke yang lebih baru, dalam arah yang sama seperti waktu), ini adalah. Jika ada percabangan, sehingga beberapa revisi masa depan didasarkan pada revisi terakhir, atau kehancuran, sehingga revisi dapat bergantung pada revisi lebih tua dari pendahulunya terdekatnya, maka grafik yang dihasilkan adalah bukan (setiap node dapat memiliki lebih dari satu anak) , dan memiliki beberapa tips, sesuai dengan revisi tanpa anak-anak ( “revisi terbaru pada setiap cabang”). Pada prinsipnya tidak perlu pohon yang dihasilkan memiliki ujung yang lebih disukai ( “main” revisi terbaru) – hanya berbagai revisi yang berbeda – tetapi dalam prakteknya satu tip umumnya diidentifikasi sebagai HEAD. Ketika revisi baru didasarkan pada HEAD, itu adalah baik diidentifikasi sebagai KEPALA baru, atau dianggap sebagai cabang baru. Daftar revisi dari awal sampai KEPALA (dalam hal teori grafik, jalan yang unik di pohon, yang membentuk grafik linear seperti sebelumnya) adalah batang atau arus utama. Sebaliknya, bila revisi dapat didasarkan pada lebih dari satu revisi sebelumnya (ketika sebuah node dapat memiliki lebih dari satu orang tua), proses yang dihasilkan disebut, dan merupakan salah satu yang paling aspek kompleks kontrol revisi. Hal ini paling sering terjadi ketika perubahan terjadi di beberapa dedakches (paling sering dua, tapi kemungkinan lebih), yang kemudian digabung menjadi satu cabang menggabungkan kedua perubahan. Jika perubahan ini tumpang tindih, mungkin sulit atau tidak mungkin untuk menggabungkan, dan memerlukan intervensi manual atau menulis ulang.

Di hadapan gabungan, grafik yang dihasilkan tidak lagi pohon, sebagai node dapat memiliki beberapa orang tua, tetapi bukan berakar (DAG). grafik adalah asiklik karena orang tua selalu mundur dalam waktu, dan berakar karena ada adalah versi tertua. Namun, dengan asumsi bahwa ada batang, gabungan dari cabang dapat dianggap sebagai “eksternal” untuk pohon – perubahan di cabang dikemas sebagai patch, yang diterapkan ke HEAD (bagasi), membuat revisi baru tanpa secara eksplisit cabang, dan melestarikan struktur pohon. Jadi, sementara hubungan sebenarnya antara versi membentuk DAG, ini dapat dianggap sebagai pohon ditambah gabungan, dan batang itu sendiri adalah garis.

Dalam kontrol revisi didistribusikan, di hadapan beberapa repositori ini mungkin didasarkan pada versi aslinya tunggal (akar pohon), tapi ada tidak perlu menjadi akar asli, dan dengan demikian hanya akar yang terpisah (revisi tertua) untuk setiap repositori, misalnya, jika dua orang mulai bekerja pada sebuah proyek secara terpisah. Demikian pula dengan adanya beberapa set data (beberapa proyek) bahwa pertukaran data atau merge, tidak ada akar tunggal, meskipun untuk kesederhanaan salah satu mungkin berpikir dari satu proyek sebagai primer dan yang lain sebagai sekunder, digabung menjadi yang pertama dengan atau tanpa riwayat revisinya sendiri.

strategi khusus []

Teknik kontrol revisi dikembangkan dari proses formal berdasarkan pelacakan revisi cetak biru awal atau []. Sistem kontrol implisit diperbolehkan kembali ke keadaan sebelumnya dari desain, untuk kasus-kasus di mana sebuah rekayasa buntu dicapai dalam pengembangan desain. Sebuah meja revisi digunakan untuk melacak perubahan yang dilakukan. Selain itu, daerah modifikasi dari gambar yang disorot menggunakan awan revisi.

control

Versi tersebar luas dalam bisnis dan hukum. Memang, “kontrak redline” dan “-hitam hukum” adalah beberapa bentuk awal kontrol revisi, dan masih bekerja di bisnis dan hukum dengan berbagai tingkat kecanggihan. Teknik yang paling canggih mulai digunakan untuk pelacakan elektronik perubahan (lihat), menggantikan “manual” pelaksanaan elektronik kontrol revisi tradisional. []

model Sumber-manajemen []

sistem kontrol revisi tradisional menggunakan model terpusat di mana semua fungsi kontrol revisi berlangsung pada bersama. Jika dua pengembang mencoba untuk mengubah file yang sama pada waktu yang sama, tanpa beberapa metode pengelolaan akses pengembang mungkin berakhir Timpa pekerjaan masing-masing. sistem kontrol revisi terpusat memecahkan masalah ini dalam salah satu dari dua “model manajemen sumber” yang berbeda: mengunci file dan versi penggabungan.

Atom operasi []

Operasi adalah atom jika sistem dibiarkan dalam keadaan konsisten bahkan jika operasi terganggu. Komit operasi biasanya yang paling penting dalam hal ini. Komit memberitahu sistem kontrol revisi untuk membuat sekelompok perubahan akhir, dan tersedia untuk semua pengguna. Tidak semua sistem kontrol revisi harus komit atom; terutama, tidak memiliki fitur ini.

Berkas penguncian []

Metode paling sederhana untuk mencegah “” masalah melibatkan sehingga hanya satu pengembang pada suatu waktu memiliki akses tulis ke pusat “repositori” salinan file-file. Setelah satu pengembang “cek out” file, orang lain dapat membaca file itu, tapi tidak ada orang lain bisa berubah file yang sampai pengembang bahwa “pemeriksaan dalam” versi update (atau membatalkan kasir).

Berkas penguncian memiliki baik kelebihan dan kekurangan. Hal ini dapat memberikan beberapa perlindungan terhadap menggabungkan konflik sulit ketika pengguna membuat perubahan radikal ke banyak bagian dari file besar (atau kelompok file). Namun, jika file tersebut dibiarkan secara eksklusif terkunci terlalu lama, pengembang lain mungkin tergoda untuk bypass software kontrol revisi dan mengubah file secara lokal, memaksa gabungan pengguna sulit ketika perubahan lain akhirnya check in. Dalam organisasi besar, file dapat dibiarkan “check out” dan terkunci dan lupa tentang sebagai pengembang bergerak di antara proyek-proyek – alat-alat ini mungkin atau mungkin tidak membuatnya mudah untuk melihat siapa yang telah file check out.

Versi penggabungan []

Sebagian besar sistem kontrol versi memungkinkan beberapa pengembang untuk mengedit file yang sama pada waktu yang sama. Dev pertamaeloper untuk “check in” perubahan pada repositori pusat selalu berhasil. Sistem ini dapat memberikan fasilitas untuk perubahan lebih lanjut ke repositori pusat, dan melestarikan perubahan dari pengembang pertama ketika pengembang lain check-in.

Penggabungan dua file dapat menjadi operasi yang sangat halus, dan biasanya hanya mungkin jika struktur data sederhana, seperti dalam. Hasil dari penggabungan dua mungkin tidak menghasilkan file gambar sama sekali. Pengembang kedua memeriksa dalam kode akan perlu untuk mengurus dengan penggabungan, untuk memastikan bahwa perubahan yang kompatibel dan bahwa operasi gabungan tidak memperkenalkan kesalahan sendiri dalam file. Masalah-masalah ini membatasi ketersediaan operasi gabungan otomatis atau semi-otomatis terutama untuk dokumen berbasis teks sederhana, kecuali gabungan khusus yang tersedia untuk jenis file.

Konsep mengedit dilindungi undang-undang dapat menyediakan sarana opsional secara eksplisit mengunci file untuk akses tulis eksklusif, bahkan ketika kemampuan penggabungan ada.

Baseline, label dan tag []

Kebanyakan alat kontrol revisi akan menggunakan hanya satu dari istilah-istilah yang sama (baseline, label, tag) untuk merujuk pada tindakan mengidentifikasi snapshot ( “label proyek”) atau catatan snapshot ( “mencobanya dengan dasar X”). Biasanya hanya salah satu syarat dasar, label, atau tag digunakan dalam dokumentasi atau diskusi []; mereka dapat sinonim dipertimbangkan.

Dalam banyak proyek, beberapa snapshot yang lebih signifikan daripada yang lain, seperti yang digunakan untuk menunjukkan rilis yang diterbitkan, cabang, atau tonggak.

Ketika kedua dasar jangka dan salah satu dari label atau tag yang digunakan bersama-sama dalam konteks yang sama, label dan tag biasanya mengacu pada mekanisme dalam alat mengidentifikasi atau membuat catatan snapshot, dan baseline menunjukkan peningkatan pentingnya label atau tag yang diberikan.

Sebagian besar diskusi formal penggunaan istilah.

Didistribusikan kontrol revisi []

Distributed sistem kontrol revisi (DRCs) mengambil pendekatan peer-to-peer, yang bertentangan dengan pendekatan sistem terpusat. Daripada, repositori pusat tunggal yang klien sinkronisasi, copy pekerjaan masing-masing peer dari basis kode adalah repositori.
kontrol revisi didistribusikan melakukan sinkronisasi dengan bertukar (perubahan-set) dari rekan rekan. Ini hasil dalam beberapa perbedaan penting dari sistem terpusat:

Sebaliknya, komunikasi hanya diperlukan bila mendorong atau menarik perubahan ke atau dari rekan-rekan lainnya.

Integrasi []

Beberapa alat revisi-kontrol yang lebih canggih menawarkan banyak fasilitas lain, yang memungkinkan integrasi lebih dalam dengan alat-alat lain dan proses software-engineering. sering tersedia untuk seperti,, dan. ,,, Dan (melalui vc.el).

terminologi umum []

Terminologi dapat bervariasi dari sistem ke sistem, tetapi beberapa istilah dalam penggunaan umum termasuk:

Lihat juga []

Catatan []

< / b>

Referensi []

a b c

Pustaka []

Pranala luar []

Tahun, jika tersedia, menunjukkan tanggal rilis stabil pertama. Sistem dengan nama dalam huruf miring dipertahankan tidak lagi atau telah direncanakan akhir-of-hidup dates.Local hanya

Client-serverFree / open-source

Hak milik

Gratis / open-source

Hak milik

konsep


Free / open-source

Hak milik

Free / open-source

Hak milik

menu navigasi

peralatan pribadi

Ruang nama

varian

views

Lebih

Cari

Navigasi

Interaksi

alat

Dalam proyek-proyek lain

Cetak / ekspor

Bahasa

Sabriansyah R.A Version Control. The Repository Subversion adalah ...
Sabriansyah R.A Version Control. The Repository Subversion adalah …

Blog: Dimas Maryanto - Version control system dengan GIT
Blog: Dimas Maryanto – Version control system dengan GIT

Version Control System (VCS) Pertemuan ppt download
Version Control System (VCS) Pertemuan ppt download

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer ...
Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer …

Git untuk orang yang praktis
Git untuk orang yang praktis

Version Control System (VCS) Pertemuan ppt download
Version Control System (VCS) Pertemuan ppt download

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer ...
Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer …

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer ...
Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer …

Closed-loop System and Closed-loop Control Systems
Closed-loop System and Closed-loop Control Systems

Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel - DomaiNesia
Cara Menggunakan GIT Version Control di cPanel – DomaiNesia

Version Control System (VCS) – Roy Inganta Ginting
Version Control System (VCS) – Roy Inganta Ginting

Top 5 BEST Version Control Software (Source Code Management Tools)
Top 5 BEST Version Control Software (Source Code Management Tools)

Version control - Wikipedia
Version control – Wikipedia

Electricity Control system Clothes iron Thermostat, setrika PNG ...
Electricity Control system Clothes iron Thermostat, setrika PNG …

Git : Konsep Version Control System dan Kelebihan Git – IB Dwi ...
Git : Konsep Version Control System dan Kelebihan Git – IB Dwi …

Pertemuan 3. Version Control System
Pertemuan 3. Version Control System

Enterprise Architect (software) - Wikipedia
Enterprise Architect (software) – Wikipedia

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer ...
Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer …

Git commit -m “nilai PPL A :)” - Basic People - Medium
Git commit -m “nilai PPL A :)” – Basic People – Medium

Solved: The Block Diagram Of An Automatic Control System I ...
Solved: The Block Diagram Of An Automatic Control System I …

Fisherbrand Computer Data Acquisition System for Digital Barometer ...
Fisherbrand Computer Data Acquisition System for Digital Barometer …

3. industrial control system
3. industrial control system

Project Integration Management | MANAJEMEN PROYEK
Project Integration Management | MANAJEMEN PROYEK

Media Learning Application Competence Operation of Electronic ...
Media Learning Application Competence Operation of Electronic …

Tugas 7 - Teknik Perancangan Sistem (Review Materi.01 s/d Materi ...
Tugas 7 – Teknik Perancangan Sistem (Review Materi.01 s/d Materi …

An open software infrastructure for reconfigurable control systems ...
An open software infrastructure for reconfigurable control systems …

Qx7 Engine Diagram Adalah in 2020 (With images) | Powerstroke ...
Qx7 Engine Diagram Adalah in 2020 (With images) | Powerstroke …

Version Control System (VCS) Alat Berbagi Code - Wander Computindo
Version Control System (VCS) Alat Berbagi Code – Wander Computindo

PPT - MANUFACTURING PLANNING & CONTROL SYSTEM PowerPoint ...
PPT – MANUFACTURING PLANNING & CONTROL SYSTEM PowerPoint …

Open loop and closed loop
Open loop and closed loop

bitbucket stories highlights, photos and videos hashtag on ...
bitbucket stories highlights, photos and videos hashtag on …

Git adalah system kendali kode sumber (revision control system ...
Git adalah system kendali kode sumber (revision control system …

Production Separator Control System | A Brief Story of ...
Production Separator Control System | A Brief Story of …

Configuration management - Wikipedia
Configuration management – Wikipedia

Bagian 3 Analisis Diferensial Gerak Fluida - YouTube
Bagian 3 Analisis Diferensial Gerak Fluida – YouTube

Who is afraid of control in the field? Conclusion - where control ...
Who is afraid of control in the field? Conclusion – where control …

Start using Git version control on the command line - About Myself
Start using Git version control on the command line – About Myself

Most abstract system version of our example | Download Scientific ...
Most abstract system version of our example | Download Scientific …

Pw7 Engine Diagram Adalah Pw7 Engine Diagram Adalah - pw50 engine ...
Pw7 Engine Diagram Adalah Pw7 Engine Diagram Adalah – pw50 engine …

Solved: 1. A Position Control System Of A Worktable In A C ...
Solved: 1. A Position Control System Of A Worktable In A C …

Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer ...
Belajar Version Control System Adalah Jutsu Wajib Programer …

NT's PMP Journey: Risk - Change Control System Process
NT’s PMP Journey: Risk – Change Control System Process

Enigmacamp Information Technology Bootcamp - Photos | Facebook
Enigmacamp Information Technology Bootcamp – Photos | Facebook

File:2015 EnDev Dokumentasi Pengembangan Ekonomi Produktif KUKM ...
File:2015 EnDev Dokumentasi Pengembangan Ekonomi Produktif KUKM …

3. industrial control system
3. industrial control system

Technologi Pengendalian - ppt download
Technologi Pengendalian – ppt download

program karakter - YouTube
program karakter – YouTube

Data Version Control · DVC
Data Version Control · DVC

Intuitive Surgical Gulai Ayam Tea High-definition Television ...
Intuitive Surgical Gulai Ayam Tea High-definition Television …

Software Developer @ Sumber Alam | Soegijapranata Student Career ...
Software Developer @ Sumber Alam | Soegijapranata Student Career …

VCCS - Voice Communication Control System
VCCS – Voice Communication Control System

Solutions – alcorsys
Solutions – alcorsys

Attitude Determination and Control System Peer Review December ppt ...
Attitude Determination and Control System Peer Review December ppt …

Audio Paging System Nustec updated their... - Audio Paging System ...
Audio Paging System Nustec updated their… – Audio Paging System …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *